7 jenis tanaman obat keluarga beserta manfaatnya - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Sunday, April 1, 2018

7 jenis tanaman obat keluarga beserta manfaatnya


tanaman obat keluarga
Tanaman obat keluarga adalah tanaman obat hasil budidaya rumahan yang memiliki khasiat sebagai obat (sumber wikipedia).

Tanaman obat keluarga kerap disingkat dengan 'TOGA'. Tanaman ini biasanya di manfaatkan oleh orng-orang yang masih menyukai obat-obatan tradisional. Salah satu keuntungan menggunakan tanaman obat keluarga sebagai obat alternative selain harganya yang relatif murah, tanaman ini juga tidak menimbulkan efek samping.

Brikut tripel berita rangkumkan 7 jenis tanaman obat keluarga beserta manfaatnya yang bisa kamu budidayakan di taman depan rumah atau lahan kosong milikmu :

1. Seledri

tanaman obat keluarga

Siapa sangka tanaman Seledri ternyata selain bisa dijadikan bahan sayuran juga bermanfaat sebagai tanaman obat. Seledri mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, Mineral, Kalium, dan juga Zat Besi. Tanaman obat keluarga ini bisa dijadikan sebagai penambah nafsu makan, obat penyakit darah tinggi, penenang syaraf, menghilngkan stress, serta mencegah kanker.

2. Belimbing Wuluh

tanaman obat keluarga

Tanaman obat keluarga selanjutnya yang bisa di tanam di depan rumah adalah Belimbing Wuluh. Memiliki banyak manfaat seperti obat diabetes, obat sakit gigi, sariawan, menyembuhkan asma dan batuk, mengencerkan dahak, serta bisa dijadikan obat alami jerawat.

3. Bayam Duri

tanaman obat

Bayam Duri tumbuh dengan baik pada tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu antara 25 hingga 35 Celcius. Tanaman ini bisa digunakan sebagai penawar racun bisa ular, pelancar keluarnya ASI, serta penyakit bisul dan kutil.

4. Daun Dewa

tanaman obat

Daun Dewa mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan minyak atsiri yang bisa mengobati muntah dan payudara bengkak. Manfaat lainnya dari Daun Dewa seperti melancarkan sirkulasi darah, obat luka memar, menurunkan darah tinggi, menghentikan pendarahan, pereda rasa nyeri, penurun panas, kencing manis, serta pembersih racun dalam tubuh.

5. Daun Pacar Cina


tanaman obat

Daun Pacar Cina memiliki nama lain yaitu daun kemuning. Tidak hanya sebagai obat, Daun Pacar Cina juga bisa mempercantik taman anda dengan bunganya yang berwarna putih dan harum. Beberapa manfaat Daun Pacar Cina yaitu sebagai obat batuk, bisul, serta perut kembung.

6. Lidah Buaya

tanaman obat

Lidah Buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Kandungan Lidah Buaya seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Manfaat Lidah Buaya seperti berhasiat untuk kesehatan rambut, mengobati jerawat, diabetes, sembelit, serta radang tenggorokan.

7. Temu Lawak


Temu Lawak adalah tumbuhan atau tanaman obat yang berkhasiat. Temu Lawak bisa dijadikan sebagai obat masuk angin, memperlanncar pencernaan, menjaga kesehatan hati, serta mengatasi penyakit ginjal. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter dpl.

Bagaimana setelah mengetahui 7 jenis tanaman obat keluarga beserta manfaatnya di atas apakah anda tertarik untuk membudidayakannya ??

Bila ada tambahan tentang tanaman obat keluarga yang anda ketahui silahkan sertakan melalui kolom komentar di bawah.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog