Semahal Apa 7 Pesawat Termahal di Dunia Berikut ini - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Wednesday, November 14, 2018

Semahal Apa 7 Pesawat Termahal di Dunia Berikut ini


Pesawat adalah salah satu alat transformasi yang banyak digunakan untuk bepergian jauh. Apalagi bila hendak bepergian dalam jarak jauh, antar kota, atau bahkan antar negara. Pesawat memberi waktu yang singkat untuk sampai di tujuan.

Seiring dengan banyaknya permintaan akan pesawat terbang, membuat banyak produsen pesawat dunia berbondong-bondong membuat terobosan dan inovasi untuk produknya. Dengan banyaknya pesawat yang di produksi, maka muncul pula berbagai harga yang ditawarkan. Pada kesempatan kali ini TripelBerita akan merangkum 7 Pesawat Termahal yang ada di dunia.




7. Airbus ACJ319



Airbus ACJ319 merupakan salah pesawat termahal di dunia yang diproduksi oleh perusahaan asal Prancis yaitu Airbus. Airbus ACJ319 bernilai seharga Rp 1 trilliun. Pesawat ini termasuk golongan pesawat pribadi mewah yang memiliki tempat duduk umum sebanyak 8 buah.

Usut punya usut ternyata pesawat ini adalah versi jet dari A319. Dimana bila hendak dijual kembali pesawat Airbus ACJ319 ini akan dirubah kembali menjadi A319 versi standar. Pesawat ini sendiri memiliki panjang 33,84 meter, lebar 3,95 meter, rentang sayap 35,8 meter, serta tinggi 11,76 meter.

Salah satu kelebihan dari Airbus ACJ319 terletak pada tangki bahan bakar yang dapat di lepas, dimana tangki ini terletak pada kompartemen kargo. Saat dijadikan kembali A319, tangki yang merupakan tambahan ini akan di lepas kembali, hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai jualnya (sumber : wikipedia.org). Pesawat mewah seharga 1 trilliun ini mampu memberikan jarak tempuh sejauh 12.000 km atau 6.500 mil. Dengan ukuran kapasitas tempat duduk antara 19 hingga 50 penumpang.

6. Boeing 757


Boeing 757 adalah sebuah pesawat komersial buatan Boeing Cemmercial Airplanes (perusahaan yang bergerak dibidang produksi pesawat, bermarkas di Everelt, Washington DC, Amerika Serikat). Harga Boeing 757 mencapai US $ 100 juta atau jika dirupiahkan mencapai Rp 1,4 Trilliun.

Pesawat yang digunakan oleh maskapai American Airlines ini telah diproduksi sebanyak 1.050 unit. Wajar saja bila jumlah produksinya telah mencapai angka ribuan sebab Boeing 757 telah memulai produksi pada tahun 1981 silam. Selain American Airlines, maskapai seperti United Airlines yaitu maskapai penerbangan utama di Amerika Serikat turut menggunakan pesawat ini. Tidak hanya itu perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa pengiriman asal Amerika Serikat yaitu FedEx ikut menggunakan Boeing 757.

Presiden Amerika Serikat saat ini, Donald Trump juga menjadikan pesawat ini sebagai pesawat pribadi. Dimana Boeing 757 yang mulanya mampu mengangkut penumpang sebanyak 200 orang dirubag hingga hanya menampung 23 penumpang. Kecepatannya sendiri dapat mencapai 500 mil per jam. Tenaga yang dihasilkan bersumber dari mesin Rolls-Royce Rb211 turbofan.

5. Boeing 747-8



Pesawat termahal selanjutnya masih datang dari produsen Boeing Cemmercial Airplanes. Kali ini Boeing 747-8 menempati urutan ke 5 dalam daftar ini sebagai pesawat termahal di dunia. Dengan harga pesawat mencapai US $ 356 juta atau setara dengan Rp 5,2 trilliun.

Maskapai yang mampu membeli pesawat ini adalah Atlas Air (USA), Cargo Airlines, serta Lufthasa. Dilansir dari Wikipedia.org Boeing 747-8 telah di produksi sebanyak 68 unit (Maret 2014). Pesawat mahal ini memiliki panjang 76,3 meter, lebar sayap 68,4 meter, dan tinggi 19,4 meter. Boeing 747-8 mampu membawa kargo dengan berat 345 ton.

Sebagai salah satu kapal kargo, Boeing 747-8 menjadi sangat terkenal dengan kemampuannya yang mampu membawa sekitar setengah dari angkutan udara di dunia pada 2007. Hal ini memicu terciptanya Boeing 747-8Fighter atau Boeing 747-8F dalam upaya Boeng mempertahankan dominan. Dalam hal kecepatan sendiri, Boeing 747-8 dapat mencapai 645 mil per jam pada penerbanga sejauh 9.200 mil.

4. Airbus A380


Airbus A380 adalah pesawat yang diproduksi oleh Airbus S.A.S (Salah satu produsen pesawat komersial yang berbasis di Toulouse, Prancis). Pesawat ini juga dikatakan sebagai "Super Jumbo", karena ukurannya yang sangat besar dibandingkan pesawat komersial pada umumnya. Bayangkan saja dengan Airbus A380 ini mampu memabawa sebanyak 525 penumpang. Ukuran panjang pesawat ini mencapai 73 meter, sayap 79.8 meter, serta tinggi 24.1 meter.

Akibat ukurannya yang besar dan tinggi ini, mengakibatkan hangar di bandara Heathrown, London Barat, harus dimodifikasi hingga tinggi hanggar menjadi 26,5 meter. Hal ini dikarenakan tinggi hanggar semula yang hanya 23 meter tidak muat utuk pesawat Airbus A380.

Pesawat yang memiliki empat mesin ini termasuk yang termahal di dunia yaitu seharga US $ 500 juta atau jika dirupiahkan mencapai Rp 7,4 trilliun. Harga ini nampaknya sebanding dengan keuntungan yang akan di dapatkan maskapai jika memilikinya.

Adapun beberapa maskapai yang menggunakan pesawat ini seperti Emirates (UEA), Lufthansa (Eropa), Qantas (Australia), serta Singapore Airlines (Singapura).

3. Airbus A340-300


Airbus A340-300 adalah pesawat komersial yang masih buatan dari produsen pesawat Airbus . Airbus A340-300 memiliki kapasitas penumpang mencapai 295 orang.

Pesawat ini mampu menempuh jarak hingga 7.400 mil laut atau 13.700 kilometer dalam penerbangan tunggal. Harganya mencapai USD $ 600 juta (Rp 8,8 trilliun). Dengan harga yang fantastis menjadikan Airbus A340-300 sebagai salah satu pesawat komersial termahal yang ada di dunia.

Salah satu maskapai yang menggunakan Airbus A340-300 adalah Air France yaitu maskapai nasional terbesar di Prancis. Selain itu maskapai terbesar di Eropa berdasarkan jumlah penumpang yang di angkut yaitu Lufthansa juga mengoperasikan pesawat Airbus A340-300 ini. Pesawat ini mulai bergabung di Lufthansa pada awal 1990-an.

Panjang pesawat ini mencapai 63,7 meter, lebar sayap 60,3 meter, serta tinggi 16,9 meter. Pesawat yang telah diproduksi 375 unit ini dibekali dengan empat mesin. Dimana mesin yang digunakan adalah CFM56-5C4 dari CFM International (sebuah perusahaan pemasok mesin jet untuk pesawat satu lorong di dunia).

2. Air Force One



Air Force One adalah pesawat yang terkenal akan kemewahannya. Air Force One merupakan kapal kepresidenan yang di miliki oleh Amerika Serikat. Kapal ini ditujukan sebagai transportasi udara bagi presiden negara Adidaya yang mana juga terkenal karena termasuk salah satu pesawat termahal yang ada di dunia.

Pesawat yang mampu mencapai kecepatan 650 mil per jam ini diperkirakan memiliki harga US $ 660 juta atau setara dengan Rp 9,7 Trilliun. Sekilas pesawat lainnya terbilang lebih mahal akan tetapi yang lebih mahal lagi adalah biaya operasi pesawat per jamnya. Dilansir dari tiket2.com, Air Force One memrlukan biaya kurang lebih US $ 180.000 setiap jamnya.

Hal mengagumkan dari pesawat Air Force One yaitu dalam hal pengisian bahan bakar. Pesawat ini mampu mengisi bahan bakar di udara (tanpa mendarat).

Dalam memudahkan pengisian bahan bakar, Air Force One memiliki tutup bahan bakar khusus yang terletak pada hidung pesawat. Dengan adanya fitur ini bisa dikatakan Air Force One bisa berada di udara tanpa batas. Meskipun fitur ini hanya diperuntukkan dalam keadaan darurat. Akan tetapi tentu saja tambahan fitur ini memberikan nilai lebih bagi pesawat Air Force One di antara pesawat-pesawat lainnya.

Nilai tambah lainnya dari pesawat kepresidenan ini adalah adanya sistem komunikasi yang canggih. Dikatakan canggih sebab sistem komunikadi yang digunakan terenskripsi, membuat pengiriman dan penerimaan panggilan dari kabin pesawat aman.

1. B-2 Spirit


B-2 Spirit adalah pesawat tempur yang di peruntukkan untuk dunia militer. Pesawat yang diluncurkan pada tahun 1989 ini dimulai pengembangannya pada pemerintahan Carter di akhir 1970-an. Northrop adalah perusahaan pabrik pesawat Amerika Serikat yang terpilih sebagai pembangun pesawat B-2 Spirit.

Harga pesawat B-2 Spirit mencapai USD$ 1,1 milliar atau sekitar Rp 16.448.883.484.000 dilansir dari (boombastis.com). Harga tidak diketahui secara jelas karena pesawat ini tidak di jual umum dengan kata lain pemilik pesawat ini hanya AS (Amerika Serikat). Namun perkiraan harga di atas sudah cukup membuat pesawat ini menjadi pesawat termahal di dunia.

Ketika pertama kali di luncurkan di tahun 1989, pada saat perang Kosova, pesawat ini menerbangkan 50 serangan mendadak.

Pesawat ini dibekali banyak kelebihan salah satunya adalah kemampuan agar tidak terdeteksi oleh radar. Mesinnya disembunyikan di sayap, mengurangi panas mesin untuk mencegah pendeteksian menggunakan inframerah. Kemampuan ini membuat B-2 Spirit disebut sebagai pesawat siluman yang sangat berbahaya. Selai ini B-2 Spirit memiliki jarak terbang 6.000 mil laut dan refuels setiap enam jam. Fasilitas yang dapat digunakan kru seperti tempat tidur, serta toilet. Menggunakan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire yaitu sebuah sistem menggantikan pengendalian penerbangan manual. Dalam hal kecepatan B-2 Spirit dapat mencapai kecepatan tertinggi 1.010 km/jam.


2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog