7 contoh hewan berongga (COELENTERATA) - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Wednesday, April 11, 2018

7 contoh hewan berongga (COELENTERATA)


hewan berongga

Hewan berongga atau COLENTERATA adalah kelompok hewan yang mempunyai bentuk tubuh menyerupai tabung dan memiliki rongga.

Tubuh hewan berongga terdiri dari jaringan luar eksoderm (bagian terluar dari tiga lapisan massa sel yang muncul di awal perkembangan). Selain eksoderm, juga terdapat jaringan dalam endoderm (bagian terdalam dari 3 lapisan massa sel yang muncul di awal perkembangan embrio).

Berikut Tripel Berita telah merangkum 7 contoh hewan berongga (COELENTERATA) :

1. Anthozoa


Anthozoa adalah kelompok hewan yang termasuk kelas hewan tidak bertulang belakang dan juga hewan berongga. Bentuknya menyerupai bunga yang meliputi anemo laut serta hewan-hewan karang. Salah satu contoh hewan dalam kelompok ini adalah Metridium.

2. Obelia sp


Obelia sp merupakan pengelompokkan hewan yang masuk dalam klasifikasi Coelenterata atau hewan berongga. Contohnya seperti terumbu karang dan anemo laut bisa ditemukan didalam laut hingga kedalaman 80 meter. Biasanya melekat pada berbagai substrat di dalam laut seperti permukaan jenis-jenis rumput laut batu, dan kayu. Hewan Obelia sp disebut juga dengan nama "sea fur" dikarenakan hidupnya secara berkoloni.

3. Gonionemus sp


Gonionemus sp adalah hewan berongga selanjutnya. Hewan ini memiliki perekat di sekitar tentakelnya yang mana digunakan untuk melekat pada eelgrass, selada laut, atau berbagai jenis ganggang. Berukuran sangat kecil (diameter sampai 25 mm). Karena ukuran yang kecil ini Gonionemus sp sangat sulit dilihat ketika bergantung pada rumput laut yang bergoyang.

4. Acropora


Acropora adalah sebuah genus terumbu karang. Seperti yang kita ketahui terumbu karang termasuk hewan. Sehingga membuat Acropora termasuk salah satu hewan berongga. Karang ini biasa tumbuh di tempat terjadinya pecahan ombak.

5. Tubifora musica



Tubifora musica atau Organ pipe coral merupakan sejenis karang yang asli dari perairan Samudra Hindia dan wilayah tengah dan barat Samudra Pasifik. Memiliki bentuk yang unik dengan bagian tubuh menyerupai kumpulan pipa-pipa kecil. Memiliki tentakel yang mirip dengan bulu.

6. Hydra


Hydra adalah genus dari hewan air tawar kecil. Hewan ini termasuk hewan pemangsa dalam filum cnidaria (sebuah filum yang terdiri dari lebih 10.000 spesies hewan perairan) dan kelas hydrozoa (kelas hewan tak bertulang belakang). Hydra berkembang biak dengan cara tunas (berupa penonjolan pada bagian tubuh sang induk yang akan terleas dan membentuk sebuah individu baru). Selain itu berkembang biak secara kawin pula.

7. Aurelia


Aurelia dikenal juga dengan sebutan ubur-ubur bulan. Memiliki tubuh yang tembus pandang dengan ukuran sekitar 25-40 cm. Makanan Aurelia seperti plankton dan moluska (sejenis hewan berbadan lunak). Ditemukan hampir di seluruh lautan di dunia.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog