7 hewan berbadan lunak ( Mollusca ) - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Friday, March 2, 2018

7 hewan berbadan lunak ( Mollusca )


Dilansir dari jurnal niologi PLoS diklaim bahwa di dunia terdpat 8,7 juta spesiaes yang ada sekarang. Jurnal ini di klaim sebagai perhitungan paling mendekati akurat. Dari jumlah keseluruhan tersebut, 7.77 juta adalah spesies hewan yang mana sebanyak 953.434 hewan telah ditemukan dan dicatat. Angka fantastis bukan.

Dari semua spesies hewan yang telah ditemukan tersebut tentu hewan-hewan itu memiliki ciri kchasnya masing-masing. Ada yang memiliki tubuh keras seperti tranggiling, komodo, badak, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita tidak membahas tentang hewan dengan badan keras melainkan 7 hewan berbadan lunak. Hewan dengan tubuh lunak ini biasa disebut (Mollusca).

Berikut 7 hewan berbadan lunak  yang berhasil tripel berita rangkum :


1. Siput


Siput adalah salah satu anggota kelas Moluska Gastropoda. Siput memiliki banyak jenis, salah satunya adalah siput yang tidak memiliki cangkang. Dengan tubuh yang sangat lunak, siput sangat rentang terhadap predator mangsanya. Siput telanjang atau tanpa cangkang ini bisa ditemukan hamir di seluruh penjuru Indonesia terutama daerah pedesaan yang habitatnya masih terjaga.


2. Gurita


Gurita sebagai salah satu hewan Mollusca (Hewan bertubuh lunak) yang hidup di dasar laut. Gurita masuk ke dalam kelas Cephalopoda. Hidup di samudra dengan terumbu karang sebagai habitat utamanya. Ciri khas yang mencolok dari gurita adalah 8 lengan yang dimilikinya, serta gurita mampu mengeluarka tinta hitam jika merasa terancam. Didunia terdapat berbagai macam olahan makanan dengan bahan utama gurita.


3. Cumi-cumi


Sama halnya dengan Gurita, Cumi-cumi juga salah satu hewan bertubuh lunak (Mollusca) yang hidup di laut. Cumi-cumi juga masuk kedalam kelompok hewan Cephalopoda, dikarenakan kaki Cumi-cumi berada di kepala yang dikenal sebagai tentakel. Cumi-cumi tidak memiliki tulang luar maupun tulang dalam sehingga untuk bertahan dari pemangsanya Cumi-cumi mengeluarkan tinta sama halnya dengan Gurita.


4. Kerang


Meskipun memiliki cangkang yang keras, sejatinya tubuh Kerang sangat lunak. Kerang merupakan hewan Molluska (hewan berbadan lunak) yang memiliki sepasang cangkang yang dapat menutup dan membuka. Cangkang ini merupakan pertahanan utama dari kerang yang memiliki tubuh lunak. Salah satu jenis Kerang yaitu Kerang Pinctada maxima dapat menghasilkan mutiara. Kerang jenis ini memiliki habitat asli di Perairan Indonesia, khususnya Pulau Lombok.


5. Sotong


Sotong adalah jenis ikan yang hidup di sungai, laut,maupun danau. Sotong seringkali dikira sebagai Cumi-cumi, bentuknya memangsekilas mirip dengan Cumi-cumi. Meski demikian baik Cumi-cumi dan Sotong itu berbeda, Sotong adalah hewan berbadan lunak yang memiliki tubuh pipih sementara Cumi-cumi lebih ke bentuk silinder.


6. Chiton sp


Chiton sp adalah salah satu hewan air yang masuk kedalam kelas polyplacophora. Hewan ini sering kali melekat pada batu karang, dan apabila disentuh akan melekat erat pada karang. Makanannya adalah rumput laut dan mikro organisme yang dari batu karang. Bentuk tubuhnya oval, pipih, dan tubuhnya dilindungi delapan keping cangkang yang tersusun seperti genting.

7. Dentalium sp


Hewan berbadan lunak yang satu ini mirip dengan gading Gajah itu sebabnya lebih dikenal dengan sebutan siput gading Gajah. Dentalium sp termasuk kedalam kelas Scaphoda dan salah satu hewan Molluska (hewan berbadan lunak). Kisaran tubuh biasanya 2,5-5 cm. Habitatnya sendiri hidup dengan membenamkan diri pada substrat pasir atau lumpur yang bersih di laut dangkal.

Itulah  7 hewan berbadan lunak ( Mollusca ) yang berhasil Tripel berita rangkum pada kesempatan kali ini. Tidak lupa Admin mengingatkan untuk membagikan artikel ini bila di rasa bermanfaat. Dan silahkan tinggalkan komentar anda di bawah. Akhir kata, terima kasih, Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog