Alasan Mengapa Autralia Masuk AFC (Asian Football Confederation) - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Sunday, September 29, 2019

Alasan Mengapa Autralia Masuk AFC (Asian Football Confederation)



Banyak pertanyaan tentang mengapa Australia masuk AFC (Asian Football Confederation) sedangkan Australia tidak termasuk kedalam benua Asia. Awalnya Australia tergabung kedalam Oceania bersama Papua Nugini, New Zeland, dan negara Oceania Lainnya. Tampaknya hal ini membuat perkembangan sepak bola Australia kurang meningkat.

Selain itu peluang Australia untuk melaju ke Piala dunia melalui jalur Oceania sangat minim. Penyebabnya karena  setiap babak penyisihan kejuaraan dunia Wilayah Oceania hanya mendapat jatah setengah atau tidak utuh.

Artinya jika negara yang menjadi juara di wilayah Oceania ingin lolos ke piala dunia, negara tersebut harus melakukan play-off dengan salah satu negara Amerika Utara, Amerika Selatan atau Asia.

Australia lebih sering kali kalah ketika melakukan play-off dengan negara-negara dari benua lain. Sebut saja kekalahan mereka melawan Argentina (1994), Iran (1998), Uruguay (2002). Tercatat melalui jalur ini Australia hanya mampu tampil 2 kali di piala dunia yakni Piala dunia 1974 di Jerman Barat dan Piala dunia 2006 di Jerman yang telah kembali menyatu setelah perang saudara.

Untuk memudahkan Australia masuk Piala Dunia mereka akhirnya memilih bergabung dengan AFC. Dengan demikian Australia mendapat jatah ikut piala dunia lebih banyak dan lebih mudah dibanding harus melawan negara-negara Amerika Utara atau Amerika Selatan.

Tahun 2010 Australia berhasil lolos ke piala dunia sebagai salah satu wakil benua Asia. Selanjutnya di tahun 2014 yang lalu Australia kembali lolos piala dunia yang diselenggarakan di Brasil bersama Jepang, Korsel, dan Iran.

1 comment:

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog