7 Danau terdalam di dunia, apakah ada di Indonesia ? - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Friday, March 23, 2018

7 Danau terdalam di dunia, apakah ada di Indonesia ?

Danau terdalam di dunia

Danau merupakan sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang berisi air, biasanya air tawar tetapi ada pula yang berisi air asin. Dilansir dari nationalgeographic.co.id diperkirakan terdapat 304 juta danau di permukaan bumi (tahun 2006). Kali ini tripel berita akan mengkategorikan danau-danau di dunia menurut aspek kedalamannya.

Tripel Berita telah merangkum 7 Danau terdalam di dunia, penasaran apakah slah satunya ada di Indonesia ??
Yuk baca 7 Danau terdalam di dunia berikut ini :

1. Baikal

Danau terdalam di dunia

Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia yang menjadi situs warisan dunia. Berada di selatan Siberia di Rusia tepatnya antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Danau ini berisikan air tawar.

Nama Baikal sendiri berasal dari kata Tatar "Bai-Kul" yang artinya "danau kaya". Selain itu dikenal juga dengan "Mata Biru Siberia". Menjadi danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 1.637.

2. Tanganyika

Danau terdalam di dunia

Danau Tanganyika merupakan danau terluas ke dua di Afrika. Tanganyika berada di antara 4 negara yaitu Burundi, Kongo, Tanzania, dan Zambia. Memiliki kedalaman mencapai 1.470 meter yang membuat danau Tanganyika menjadi danau terdalam di dunia posisi kedua setelah danau Baikal di Siberia, Rusia.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Tanganyika juga berperan dalam bidang perikanan masyarakat disini. Dengan adanya sekitar 350 jenis ikan yang mendiami danau Tanganyika.

3. Laut Kaspia


Laut kaspia adalah sebuah danau air asin terbesar di dunia. Danau yang berada di daerah pegunungan Kaukasus yang mana dikelilingi oleh beberapa negara seperti Azerbajian, Iran, Kazakhtan, Rusia, Turkmenistan.

Selain menjadi danau air asin terbesar di dunia laut Kaspia juga masuk ke dalam salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 1.025 meter.

Ada banyak jenis ikan yang ada di sini seperti Caspian Kutum, Lele Wels, Trout coklat, Gobi bulat, Alosa braschnikowi, Abramis Brama, Chub, serta Ikan rud.

4. Nyasa


Danau Nyasa dikenal juga dengan nama Danau Nyassa, danau Niassa, atau Danau Malawi karena letaknya yang memang berada diantara Malawi, Mozambique, Tanzania. Danau Nyasa masuk kedalam salah satu danauterdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 706 meter.

Danau ini berbentuk lonjong yang memiliki panjang antara 560 dan 580 kilometer. Sedangkan untuk lebarnya sekitar 75 kilometer.

5. Issyk-kul


Danau selanjutnya bernama Issyk-kul yang berada di Kyrgyzatan. Danau Issyk-kul merupakan danau endorheic di pegunungan Tian Shan, di timur laut Kirgizia. Kedalaman danau ini mencapai 668 meter. Dengan panjang 182 km dan lebar 60 km. Air yang memenuhi danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair.

6. Great Slave


Great Slave berada di bagian barat laut Kanada. Merupakan salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 614 meter. pada bulan November air di danau ini akan membeku menjadi es, yang menyajikan pemandangan yang memukau. Danau Great Slave memiliki luas mencapai 27.200 km persegi.

7. Crater


Danau Crater merupakan danau yang berasal dari hasil erupsi gunung berapi Mazama sekitar tahun 4680 sebelum masehi. Lokasinya berada di Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Memiliki kedalaman mencapai 594 meter.

Itulah tadi  7 Danau terdalam di dunia yang berhasil Tripel Berita rangkum, semoga bermanfaat. Nantikan postingan-postingan menarik lainnya, sekian, terima kasih dan wassalam.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog