Tahukah Kamu Danau Toba Memiliki Pantai, Ayo Simak 7 Keunikan Danau Toba - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Thursday, October 4, 2018

Tahukah Kamu Danau Toba Memiliki Pantai, Ayo Simak 7 Keunikan Danau Toba


Danau Toba merupakan suatu danau alami yang berada di Indonesia tepatnya di Sumatera Utara. Dengan panjang 100 km (62 mil) dan lebar 30 km (19 mil).

Salah satu keunikan yaitu adanya pulau yang berada di tengah Danau, pulau ini dikenal dengan nama Pulau Samosir. Dilansir dari wikipedia , para ilmuan sepakat bahwa letusan Toba memicu musim dingin vulkanik yang menyebabkan jatuhnya suhu dunia.

Berikut keunikan lain dari Danau Toba yang berhasil TripelBerita rangkum :

1. Memiliki Pulau ditengah Danau yang berpenghuni


Pulau Samosir adalah pulau yang berada di tengah Danau Toba. Pulau ini dihuni oleh mayoritas etnis Batak Toba yang menggantungkan hidupnya pada Danau Toba sebagai lahan untuk bertambak Ikan. Sebagai objek wisata pulau Samosir dilengkapi dengan fasilitas hotel-hotel nuansa eco tourism yang menggunakan arsitektur khas Batak.

2. Memiliki legenda yang terkenal

Danau Toba tidak hanya terkenal karena keindahannya akan tetapi cerita legenda yang berkembang di masyarakat. Saking terkenalnya cerita ini telah ditampilkan di televisi, buku-buku cerita, hingga buku pelajaran.

3. Merupakan Danau terluas dan terdalam di Asia Tenggara

Sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa Danau terluas dan terdalam di Asia Tenggara ada di Indonesia. Yah Danau Toba merupakan Danau yang di Maksudkan. Danau Toba memiliki luas 1.145 kilometer persegi. Jika anda mencari kedalaman Danau Toba di Wikipedia maka anda akan mendapatkan 505 meter. Hal ini bersebrangan dengan berita yang dilansir (bangka.tribunnews.com), yang menyatakan bahwa kedalaman Danau Toba mencapai 1.600 meter lebih.

4. Gunung api purba raksasa (Supervolcano)


Danau Toba dulunya merupakan daratan tempat gunung berapi raksasa atau supervulcano di masa purba. Hal ini diperkuat dengan laporan Van Bemmelen (seorang geolog asal Belanda) di tahun 1939. Dia menyimpulkan bahwa Toba adalah sebuah gunung berapi, sebab dikelilingi oleh batu apung peninggalan dari letusan gunung.


5. Danau Toba adalah Kaldera terbesar di dunia

Berdasarkan ilmu geologi, Kaldera merupakan kawah vulkanik hasil letusan besar gunung berapi, serta runtuhnya batuan penyangga ke dalam dapur magma. Danau Toba adalah salah satu Kaldera terbesar di dunia. Kaldera ini tercipta dari letusan gunung Toba yang di perkirakan terjadi sebanyak 3 kali letusan. Kaldera di sisi selatan hasil letusan pertama, kaldera di sisi utara dari letusan kedua, hingga letusan ketiga (letusan terbesar) mengubah Gunung Toba menjadi Danau Toba.

6. Danau di diatas Danau


Percayakah anda bahwa ada danau di tengah danau. Adalah Danau Sidihoni dan Danau Aek Natongang, yang banyak orang menyebutnya sebagai danau di atas danau. Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba inilah yang menjadi tempat dua danau itu berada.

7. Danau Toba memiliki pantai yang berpasir putih


Jika pada umumnya Danau tidak memiliki pasir, maka beda lagi dengan Danau Toba yang memiliki pasir putih. Keindahan pasir putih Danau Toba dapat anda lihat di pantai Parbaba yang ada di pulau Samosir. Seperti kita ketahui pulau Samosir ini berada di tengah-tengah Danau Toba. Hal ini lantas menjadi keunikan tersendiri sebab biasanya pantai berada di pinggir laut, sedangkan Pantai ini berada di pinggir Danau.


No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog