Inilah 7 contoh hewan porifera atau hewan berpori - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Thursday, October 4, 2018

Inilah 7 contoh hewan porifera atau hewan berpori

7 contoh hewan porifera

Hewan Porifera adalah jenis hewan yang tubuhnya memiliki banyak pori dan tidak memiliki jaringan sejati (Parazoa). Sebagian besar habitat hewan Porifera hidup di laut dan sebagian kecil di hidup di air tawar.

Secara umum hewan ini memiliki ciri-ciri seperti, bersel banyak (metazoa), tubuhnya terdiri dari 2 lapisan sel, dan lain-lain.

Sesuai judul di atas TripelBerita akan memberikan 7 contoh hewan porifera atau hewan berpori, ayo baca dengan seksama.

1. Grantia

Grantia merupakan spesies spons yang termasuk kedalam kelas Calcarea (anggota dari filum hewan Porifera). Spons sendiri adalah invertebrata ( hewan tidak bertulang belakang ) yang hidup di laut. Kembali ke Grantia, spesies ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1872. Seperti hewan Porifera lainnya, spesies ini memiliki tubuh yang berpori serta permukaannya keras seperti batu.

2. Scypha Gelatinosa

Sama halnya seperti Grantia, Scypha Gelatinosa juga merupakan spesies spons yang masuk kedalam kelas Calcarea. Spesies ini juga dikenal dengan sebutan Sycon. Spesies ini memiliki kerangka rapuh yang terdiri dari spikula kaku.

3. Fasciospongia Euplectella

Fasciospongia euplectella tergolong kedalam kelas Demospongiae (salah satu kelas hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Porifera). Permukaan tubuh spesies ini keras seperti batu, dan mampu menyerap oksigen serta air melalui proses difusi.

4. Spongilla

Spongilla termasuk spesies spons dalam kelas Demospongiae sama seperti Fasciospongia euplectella. Spongilla juga mampu menyerap oksigen serta air melalui proses difusi.


5. Regadrella

Regadrella adala spesies hewan spons yang termasuk dalam kelas Hexactinellida (kelas hewan yang tergolong dalam filum Porifera). Ciri-ciri dari spons ini adalah kerangka yang terdiri dari empat dan/atau enam ujung spikula silika.

6. Spongia officinalis

Spongia officinalis adalah spesies spons yang termasuk hewn porifera. Spesies ini dikenal juga sebagai spons mandi. Spongia officinalis bisa ditemukan di seluruh Laut Mediterania (laut yang terhubung ke Samudera Atlantik).

7. Haliclona

Terakhir di dalam daftar ini ada Haliclona. Salah satu spesies spons yang masuk kedalam kelas Demospongiae. Nama ilmiahnya pertama kali diterbitkan pada tahun 1759.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog