Tahukah anda 7 daerah di Indonesia yang pernah dilanda Tsunami - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Tuesday, October 2, 2018

Tahukah anda 7 daerah di Indonesia yang pernah dilanda Tsunami


Tsunami yang terjadi di daerah sulawesi tengah baru-baru ini meninggalkan luka mendalam keluarga korban yang di tinggalkan.

Bukan hanya kali ini saja terjadi Tsunami di Indonesia. Tercatat sebelumnya Indonesia sudah beberapa kali terkena bencana Tsunamidi beberapa daerah.

Adapun 7 daerah di Indonesia yang pernah dilanda Tsunami :

1. Aceh (Sumatra)

Tsunami yang pernah melanda Aceh mengisahkan kisah yang memilukan. Bencana ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004.

Hari itu pukul 07:58 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 9.1 SR didasar laut sebelah barat Aceh. Gempa ini memicu tsunami setinggi 30 meter.

Tercatat lebih dari 230 ribu nyawa melayang, dan ribuan lainnya dinyatakan hilang. Jika anda berjalan-jalan ke kota Aceh anda akan mendapatkan sebuah Museum Tsunami, didirikan untuk mengenang tragedi ini.

2. Flores

Flores, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 12 Desember 1992 dilanda Tsunami. Sebelumnya pada pukul 13.29 WITA terjadi gempa bumi berkekuatan 7,8 Skala Richter di lepas pantai Flores. Akibat gempa ini memicu terjadinya Tsunami.

3. Banyuwangi

Banyuwangi, sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tiur, Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantainya ini juga pernah dilanda bencana tsunami.

Bencana ini hanya berselang 2 tahun setelah bencana tsunami di Flores. Tepatnya pada tanggal 2 Juni 1994 terjadi gempa dengan kekuatan 7,2 SR di kawasan Timur Pulau Jawa, tepatnya di sekitar Pantai Banyuwangi. Diperkirakan korban meninggal mencapai 215 jiwa.

4. Pangandaran

Pangandaran merupakan salah satu kabupaten yang terletak di povinsi Jawa Barat, Indonesia. Bencana gempa bumi yang memicu tsunami juga pernah melanda daerah ini pada tanggal 17 Juli 2006. Ketinggian tsunami yang terjadi bervariasi hingga mencapai 6 meter.

5. Biak

Tsunami di Indonesia seakan merata, hingga pada tanggal 17 Februari 1996, terjadi gempa di Biak, Papua. Gempa dengan kekuatan 8,1 SR ini memicu gelombang tsunami dengan tinggi berkisar 1 -7 meter. Namun berbeda di Teluk Korim yang tingginya mencapai 12 Meter.

6. Mentawai

Pada tanggal 25 Oktober 2010 Indonesia kembali berduka. Gempa dengan kekuatan 7,7 SR melanda Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Akibat gempa mengakibatkan tsunami di Resir Selancar Macaronis di Kepulauan Mentawai, yang menghantam dua perahu sewaan. Akibatnya 286 orang dilaporkan tewas dan 252 lainnya hilang.

7. Palu dan Donggala

Pada Jumat 28 September 2018, tsunami kembali terjadi dan memporak-porandakan Kota Palu dan Donggala di provinsi Sulawesi Tengah. Tsunami setinggi 6 meter ini, dipicu oleh gempa berkekuatan 7,4 SR. Menurut para ilmuan bencana ini dipicu oleh patahan yang pecah atau disebut sebagai Strike-slip. Hingga berita ini diuat korban meninggal sudah mencapai 925 orang dan diperkirakan akan terus bertambah.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog