7 Makanan Khas Jakarta yang Bikin Ngiler - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Tuesday, October 9, 2018

7 Makanan Khas Jakarta yang Bikin Ngiler

Makanan-Khas-Jakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Jakarta, kota metropolitan paling padat di Indonesia. Bagaimana tidak padat, sebagai ibukota Indonesia orang-orang beramai-rammai datang kesini untuk mengadu nasib. Bukan hanya banyak orang, Jakarta juga memeiliki banyak khas tersendiri tidak terkecuali dalam hal kuliner atau makanan.

Ada banyak Makanan Khas yang ada di Jakarta hanya saja untuk kesempatan kali ini TripelBerita hanya akan membahas beberapa di antaranya. Ayo simak 7 Makanan Khas Jakarta berikut ini :

1. Kerak Telor

Makanan-Khas-Jakarta

Seperti namanya yaitu Kerak Telor, memang berbahan dasar telor. Makanan khas Betawi ini dibuat dengan mencampur satu butir telur bebek, bumbu halus, ebi, bawang goreng, garam, serta gula pasir yang dilakukan dengan cara di kocok. Selanjutnya bahan tadi di siram ke atas ketan yang telah direndam dengan air semalaman hingga akhirnya di goreng sampai matang.

2. Soto Betawi

Makanan-Khas-Jakarta

Soto Betawi merupakan soto khas Betawi yang juga terkenal dengan sebutan sobet. Sama halnya seperti soto pada umumnya yaitu berbahan dasar daging sapi. Campuran lainnya seperti tomat dan kentang. Sedangkan untuk kuahnya menggunakan kuah santan. Makanan Khas Jakarta ini sangat cocok di sajikan bersama nasi putih yang hangat, tidak lupa minumannya berupa es teh.

3. Semur Jengkol

Makanan-Khas-Jakarta

Semur Jengkol merupakan makanan asli Betawi yang memiliki rasa yang lezat. Makanan ini berbahan dasar Jengkol yang kaya akan zat besi dan protein. Semur jengkol ini paling nikmati di santap bersama dengan nasi hangat.

4. Nasi Uduk

Makanan-Khas-Jakarta

Makanan yang satu ini familiar sebagai makanan sarapan pagi di Jakarta. Nasi uduk terbuat dari beras putih dimasak bersama bumbu-bumbu. Adapun bahan-bahan pembuatan bumbunya seperti garam, santan, daun serei, daun salam, serta daun jeruk. Nama nasi uduk ini secara harfia berarti nasi campur sebab berasal dari bahasa Indonesia aduk.


5. Ketoprak

Makanan-Khas-Jakarta

Ketoprak dibuat dari ketupat atau lontong yang diisi bihun, toge dan tahu. Semakin nikmat karena disiram dengan sambal kacang. Sentuhan kerupuk yang biasa menemani makanan khas Jakarta yang satu ini membuatnya makin nikmat.

6. Dodol Betawi

Makanan-Khas-Jakarta

Tidak hanya makanan berat, Jakarta juga memiliki makanan ringan yang khas salah satunya yaitu Dodol Betawi. Bahan baku untuk membuat Dodol Betawi seperti ketan, gula merah, gula pasir, serta santan yag dimasak dengan bahan bakar kayu. Berbeda dengan dodol pada umumnya, Dodol Betawi hanya memiliki sedikit varian rasa, sperti rasa ketan putih, ketan hitam, dan durian.

7. Lontong Sayur

Makanan-Khas-Jakarta

Lontong Sayur biasa dijadikan sebagai menu sarapan pagi di Jakarta. Terbuat dari sayur lode, potongan lontong, dan ayam. Kerupuk dan sambal adalah pendamping lontong sayur membuatnya makin nikmat. Tidak susah untuk mendapatkan makanan khas Jakarta ini sebab banyak di jual di pinggir-pinggir jalan.


No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog