Lagi di Makassar ? Jangan Lewatkan 7 Makanan Khas Makassar Berikut ini - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Monday, October 8, 2018

Lagi di Makassar ? Jangan Lewatkan 7 Makanan Khas Makassar Berikut ini

Makanan-Khas-Makassar

Makassar adalah salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Kota ini berada di Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus menjadi ibukota provinsi.

Tidak hanya tempat wisata, Makassar juga memiliki beragam wisata kuliner atau makanan khas yang bisa anda cicipi bila berkunjung kesini. Penasaran bagaimana wujud makanan khas Makassar ini. Ayo simak 7 Makanan Khas Makassar Berikut ini :

1. Coto Makassar

Makanan-Khas-Makassar

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Makassar yang satu ini. Coto Makassar adalah makanan tradisional Makassar yang terbuat dari jeroan atau isi perut sapi bercampur daging sapi yang direbus dalam waktu lama. Rebusan ini kemudian di iris-iris lalu dibumbui dengan bumbu racikan khusus. Makanan ini sudah ada sejak kerajaan Gowa, sekitar tahun 1538 masehi.

2. Pallubasa

Makanan-Khas-Makassar

Hidangan yang satu ini hampir mirip dengan Coto Makassar. Pallubasa juga terbuat dari jeroan sapi atau kerbau yang dimasak dalam waktu lama. Hal yang membedakan Pallubasa dengan Coto Makassar adalah menu pendampingnya dan bumbunyapun sedikit berbeda. Jika buasanya Coto Makassar di santap bersama ketupat maka Pallubasa biasa disantap bersama nasi putih.

3. Barongko

Makanan-Khas-Makassar

Tidak hanya makanan berat, Makassar juga punya makanan-makanan berupa kue khas. Salah satunya adalah Barongko. Kue ini tergolong kue basah yang mana terbuat dari pisang yang dihaluskan bersama telur, santan, gula pasir dan garam. Yang menambah kesan tradisional adalah pembungkusnya yang berupa daun pisang.

4. Pisang Epe

Makanan-Khas-Makassar

Makanan khas Makassar yang satu ini sudah banyak dikenal para wisatawan. Sebab bila anda berkunjung ke Pantai Losari (Destinasi unggulan Makassar) anda akan menjumpai banyak penjual Pisang Epe di sekitar pantai.

Pisang Epe dibuat dengan cara pisang dipipihkan kemudian dibakar. Setelah itu disajikan dengan saus gua merah cair, ditambah beberapa toping seperti coklat, durian, keju, dan lain-lain.



5. Bebek Palekko

7-Makanan-Khas-Makassar

Kamu yang suka pedas patut mencoba makanan khas Makassar (makanan khas Bugis) yaitu Bebek Palekko. Terbuat dari daging bebek yang dicincang, kemudian ditambahkan bumbu yang akan membuat orang kepedasan.

6. Songkolo Bagadang

7-Makanan-Khas-Makassar

Songkolo Bagadang disebut sebagai kuliner tengah malam sebab makanan ini biasa dijual hingga dini hari. Dikhususkan lagi untuk mereka yang sedang begadang sesuai namanya "Bagadang" berarti begadang.

Songkolo begadang atau "Sokko" terbuat dari beras ketan, bisa ketan putih ataupun ketan hitam. Beras ketan di kukus hingga matang kemudian disajikan bersama dengan taburan kelapa parut. Tidak lupa lauk pendampingnya ikan asin dan telur itik asin.

7. Palu Butung

7-Makanan-Khas-Makassar

Palu Butung cocok untuk kamu yang ingin makanan segar, dingin, dan manis. Makanan khas Makassar ini masih berbahan dasar Pisang yang dipotong ditambah dengan bubur sumsum, susu kental manis, sirup merah, dan es serut. Membuat orang yang mencicipinya akan merasa segar di udara yang panas.


No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog