7 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kamu Ketahui - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Monday, October 8, 2018

7 Tumbuhan Langka di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang meiliki peranan pentih dalam menunjang kehidupan. Dengan adanya tumbuhan maka akan banyak oksigen yang bisa di hasilkan. Sebab tumbuhan adalah produsen penghasil oksigen.

Sama halnya seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga memiliki ancaman kepunahan. Dari berbagai jenis tumbuhan yang ada di dunia ini, ada beberapa yang sudah masuk kedalam kategori tumbuhan langka di dunia. Tumbuhan apa saja itu ?

Ayo baca dan cermati 7 Tumbuhan Langka di Dunia berikut ini :

1. Welwitschia

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Welwitschia adalah salah satu tumbuhan Gymnospermae atau tumbuhan berbiji terbuka. Sebagai tumbuhan langka Welwitschia hanya terdiri dari satu spesies yaitu Welwitschia mirabilis. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan purba yang diperkirakan telah ada sejak 1.000 - 2.000 tahun yang lalu.

Welwitschia memiliki batang pendek yang tebal dan kuat. Serta daun yang diperkirakan dapat tumbuh sampai 2 - 4 meter.

2. Raflesia Arnoldi

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Raflesia Arnoldi adalah tumbuhan khas Indonesia yang termasuk salah satu tanaman langka di dunia. Tumbuhan ini dijuluki sebagai bunga raksasa sebab memiliki ukuran yang besar dan melebar. Diameter Raflesia Arnoldi bisa mencapai satu meter. Selain langka Raflesia Arnoldi ini sangat sulit dikembangbiakkan di luar habitatnya. Habitat aslinya adalah di pulau Sumatra, Malaysia, dan Bengkulu.

3. Parrot's Beak

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Sejak tahun 1884 Parrot's Beak sudah diklasifikasi sebagai salah satu tanaman langka di Dunia. Parrot's Beak dikenal dengan nama ilmiah Lotus Berthelotii. Bunga indah ini ditemukan di Selandia Baru.

Parrot's Beak bisa tumbuh mencapai enam inchi panjang dan lebar 3 kaki. Memiliki bunga yang terdiri dari kelopak lembut berwarna orange, kuning dan merah.

4. Black Bat Flower

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Black Bat Flower dikenal sebagai Tacca Chantrieri adalah spesiaes tanaman berbunga dalam keluarga Dioscoreaceae. Memiliki panjang hingga 12 inci, dan kumis panjang yang bisa tumbuh hingga 28 inci. Tumbuhan ini diberi nama Black Bat Flower sebab bentuknya yang menyerupai kelelawar dan berwarna hitam.



5. Ghost Orchid

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Ghost Orchid atau Epipogium Aphyllum merupakan sejenis anggrek. Tumbuhan ini diberina gelar sekaligus tambahan nama "hantu" sebab tanaman ini sudah punah sekitar 20 tahun yang lalu, akan tetapi kembali muncul ke permukaan. Ghost Orchid tidak memiliki daun sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis, serta tidak memproduksi makanan sendiri.

6. Jade Vine

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Jade Vine adalah tumbuhan langka di dunia yang berasal dari daerah hutan hujan tropis Filiphina. Termasuk kedalam anggota kacang-kacangan dan erat kaitannya dengan kacang merah. Jade Vine memiliki memiliki bunga yang tumbuh mengantung layaknya gulungan yang panjangnya dapat mencapai 3 meter. Bunga ini memmiliki bentuk seperti cakar yang unik.

7. Enchephalartos Woodii

Tumbuhan-Langka-di-Dunia

Enchephalartos Woodii adalah tanaman langka yang mana terakhir kali ditemukan tumbuh liar di dalam hutan Ngoya, Afrika Selatan pada tahun 1985. Pemerintah sekitar kemudian mulai melestarikan tanaman ini. Sayangnya mereka terkendala untuk mengembangkanya sebab belum ditemukan tumbuhan berjenis kelamin betina.


No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog