Ayo simak 7 Jenis jenis bambu yang ada di Indonesia - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Tuesday, October 2, 2018

Ayo simak 7 Jenis jenis bambu yang ada di Indonesia


Sesuai dengan judul diatas Ayo simak 7 Jenis jenis bambu yang ada di Indonesia. Kali ini kita akan membahas mengenai bambu.

Bambu adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Beberapa jenis bambu memiliki batang yang tinggi, membuat bambu ini kerap kali digunakan sebagai kerajinan tangan, tangga, hingga dinding rumah. Sadarkah anda bahwa bambu itu memiliki banyak jenisnya. Jika belum ayo baca ulasan 7 jenis jenis bambu yang ada di Indonesia berikut ini :

1. Bambusa Balcooa


Bambusa Balcooa merupakan salah satu jenis bambu gumpalan asli Indochina dan anak benua India. Bambu ini dapat dimanfaatkan sebagai blok kayu dan panel bambu untuk bahan bangunan, furniture, serta kerajinan tangan.Berpotensi besar sebagai sumberdaya serat masa depan untuk kebutuhan pulp dan kertas dengan pengaruh lingkungan yang lebih kecil dibandingkan dengan pohon kayu keras dan lunak. Tidak hanya itu Bambusa Balcooa bisa digunakan untuk pakan ternak, serta rebungnya bisa diolah sebagai sayuran konsumsi manusia.

2. Dinochloa Scandes


Dinochloa Scandes atau kita kenal dengan nama Cangkoreh ini salah satu jenis bambu yang tumbuh di Indonesia. Air dari bambu ini digunakan sebagai tetes mata, atau kurap di kalangan masyarakat Sunda khususnya di daerah sekitar Taman Nasional Gunung Halimun. Termasuk jenis bambu yang memanjat dengan batangnya yang kecil menjalar di antara pohon-pohon lain.

3. Gigantochloa Ridleyi


Selanjutnya yang masuk daftar ini adalah jenis bambu bernama Gigantochloa Ridleyi. Bambu ini dapat tumbuh hinggasetinggi 18 meter. Memiliki batang yang tegak dan berkayu padat membuatnya sangat cocok sebagai bahan pembuatan tangga.

4. Bambu Maculata


Bambu Maculata atau kita kenal dengan nama bambu tutul adalah salah satu spesies bambu di Indonesia. Memiliki panjang rata-rata hingga 20 meter dengan diameter mencapai 12 cm. Di Indonesia bambu tutul ini kerap digunakan sebagai bahan Mebel pembuatan bangku dan kursi, serta dijadikan bahan pembuatan anyaman.

5. Bambusa Tuldoides


Bambusa Tuldoides tumbuh hijau dengan tinggi mencapai 7 - 15 meter. Bambu ini berdiameter sekitar 50 mm dengan panjang ruas 30 - 50 cm. Bambu ini termasuk spesies botani dari keluarga Poaceae (rumput). Banyak di budidayakan di daerah subtropis di seluruh dunia.

6. Dendrocalamus Strictus


Dendrocalamus Strictus adalah spesies bambu milik genus Dendrocalamus. Memiliki spesifik seperti berwarna hijau, tumbuh panjang mencapai 6 - 18 meter.

7. Bambu Legi


Bambu Legi atau dikenal di Jawa dengan nama buluh Jawa (Gigantochloa atter) adalah salah satu jenis bambu yang merumpun, padat, dan tegak. Hal ini membuat bambu ini kerap dijadikan bahan bangunan dan peralatan rumah tangga.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog