7 Sungai Terpanjang di Indonesia untuk Kamu Ketahui - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Saturday, July 14, 2018

7 Sungai Terpanjang di Indonesia untuk Kamu Ketahui


Indonesia memiliki banyak kekayaan alam salah satunya adalah sungai. Setidaknya ada lebih dari 300 sungai yang ada di Negara kita tercinta ini.

Setiap sungai tentunya memiliki panjang yang berbeda-beda. Dan begitupula sungai di Indonesia ada yang panjang dan adapula yang pendek. Tahukah anda sungai apa saja yang masuk kedalam sungai terpanjang di Indonesia ?

Bila anda belum tahu mari simak 7 sungai terpanjang di Indonesia yang berhasil Tripel Berita rangkumkan :

1. Sungai Kapuas


Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 KM. Mata air yang mengalir dari pegunungan Muller menjadi sumber air pada sungai ini.

Sungai ini terletak di Pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat yang berhilir di Selat Karimata yaitu selat luas yang menghubungkan antara Laut Cina Selatan dengan Laut Jawa. Nama kapuas sendiri diambil dari nama daerah Kapuas yang sekaranf dikenal dengan Kapuas Hulu.

2. Sungai Mahakam


Sungai terpanjang kedua yang ada di Indonesia adalah sungai Mahakam dengan panjang mencapai 920 KM. Sungai ini masih terletak di pulau Kalimantan tepatnya di provinsi Kalimantan Timur yang mana berhilir di Selat Makassar. Sungai Mahakam menjadi sungai terbesar di Provinsi Kalimantan Timur.

3. Sungai Barito


Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya adalah Sungai Barito yang terletak di pegunungan Schwaner di Provinsi Kalimantan Tengah. Sungai ini memiliki panjang sekitar 890 km. Nama Barito diambil berdasarkan nama tanah Barito atau Onder Afdeeling Barito atau kabupaten Barrito.

4. Sungai Batanghari


Sungai Batanghari adalah sungai terpanjang di pulau Sumatera yang memiliki panjang sekitar 800 km. Air yang mengalir di sungai ini berasal dari Mata air dari Gunung Rasan.

5. Sungai Musi



Sungai musi adalah sungai yang berada di provinsi Sumatera Selatan. Memiliki panjang yang mencapai 750 km. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Anda mungkin mengenal jembatan Ampera yang melintas di atas sungai ini.

6. Sungai Mamberamo


Sungai Mamberamo adalah sebuah sungai yang memiliki panjang mencapai 670 km, terletak di provinsi Papua, Indonesia. Sungai ini berhulu di pegunungan yang sangat terkenal di Indonesia yakni Pegunungan Jayawijaya. Jika diartikan satu persatu mambe berarti besar dan ramo berarti air, yang berarti air besar. Arti nama sungai ini berasal dari bahasa Dani.

7. Sungai Begawan Solo


Sungai yang terkenal karena dijadikan sebagai objek sebuah lagu yang berjudul sama yaitu lagu Begawan Solo oleh Gesang. Yang merupakan salah satu penyanyi dan pencipta lagu Indonesia (dikenal sebagai Maestro Keroncong).

Kembali ke sungai Begawan Solo, terletak di Pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur. Memiliki panjang mencapai 600 Km yang menjadikananya salah satu Sungai terpanjang di Indonesia. Air dari sungai ini berasal dari Mata air Gunung Lawu. Sungai ini berhilir di Laut Jawa.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog