7 Robot Tercanggih di Dunia yang Pernah dibuat - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Wednesday, May 9, 2018

7 Robot Tercanggih di Dunia yang Pernah dibuat


Robot adalah alat yang mampu melakukan suatu pekerjaan yang telah diprogramkan di dalamnya. Robot diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Di zaman yang modern ini telah bermunculan berbagai macam robot yang mana tlah menggunakan tenaga listrik serta komputer sebagai otak memproses data dan perintah. Jepang adalah salah satu negara yang rajin sekali mengembangkan teknologi robot, banyak robot-robot canggih yang hadir disini.

Kali tripel berita akan mencoba merangkum 7 Robot Tercanggih di Dunia yang Pernah dibuat, penasaran ?

1. Uran-9


Uran 9 merupakan sebuah robot berbentuk kendaraan tempur darat tanpa awak (berbentuk tank). Dikembangkan sekaligus diproduksi oleh JSC 766 UPTK, yang mana berasal dari Rusia. Dirancang untuk menyediakan pengintaian jarak jauh. Memiliki panjang 5.12 meter, lebar 2.53 meter dan 2.5 meter tingginya serta beratnya sekitar 10.000 kg.

Bodinya didukung dengan lapisan anti api, yang semakin membuat robot ini menakutkan bila dibawa ke medan perang. Uran 9 dilengkapi dengan enam roda jalan, pemalas dan sprocket drive. Selain itu robot ini memiliki empat peluncur rudal yang dipandu anti-tank Ataka 9M120-1 berjumlah di setiap sisi.

Pada tahun 2015 anak perusahaan Rostec Corporation yaitu Rosoboronexport mengumumkan bahwa perusahaan akan mulai mempromosikan Uran 9 ke pasar Internasional pada tahun 2016.

2. Alpha Dog


Alpha Dog adalah sebuah robot berbentuk anjing besar. Berjalan dengan menggunakan 4 kaki layaknya seekor anjing. Selain itu Alpho Dog mampu berdiri hingga setinggi dada orang dewasa.

Robot ini dikembangkan oleh Boston Dynamics. Mampu membawa muatan seberat 181 kilogram. Proyek ini merupakan bagian dari proyek Legged Squad Support System (LS3) milik Boston Dynamics dan di biayai oleh DARPA dan korps Marinir Amerika Serikat. Dibuat tangguh agar bisa membantu tentara di dalam medan pertempuran, dengan membawa perlengkapan dan amunisi.

3. The Rip Saw MS1 UGV


Robot ini merupakan sebuah robot Tank tanpa awak yang diciptakan untuk tujuan militer. Robot ini mampu melewati semua medan dengan kekuatan dan kehebatannya. The Rip Saw MS1 UGV atau biasa disebut The Ripsaw dirancang dan dibangun oleh Howe & Howe Technologies yaitu sebuah bisnis yang khusus dalam fabrikasi dan mendesain kendaraan lapis baja dan militer

The Rip Saw MS1 UGV diadaptasi dari kontruksi mobil NASCAR dan truk raksasa. Teknologi yang digunakan untuk membangun robot inipun sama dengan NASCAR. Berat robot ini menjadi ringan dan kuat dengan menggunakan rangka tabung.

Untuk mesinnya sendiri didukung dengan mesin diesel V8 kapasitas 6,6 liter. Mesin ini menghasilkan tenaga setara dengan 650 horsepower. Kecepatannya mampu mencapai maksimum 125 kilometer/ jam. Tank tanpa awak ini bisa dikontrol dari jauh melalui sebuah stasiun remote command center, yang mampu menjangkau jarak yang jauh sekalipun. The Ripsaw diciptakan dengan kemampuan untuk mengganti dan mengisi ulang amunisi dengan cepat yaitu hanya dalam hitungan detik saja.

Proyek Ripsaw sudah dimulai The Howe bersaudara pada tahun 2000. Hingga di tahun 2001 mereka memperkenalkannya lewat pameran kendaraan Dallas. Pada tahun yang sama Militer AS memerintahkan prototipe MS-1 untuk dibuat dan dikirim ke Irak (sumber wikipedia.org).

4. Asimo


Asimo merupakan robot asal Jepang yang cerdas dan kemampuan seperti manusia. Dikembangkan oleh perusahaan raksasa otomotif Honda Motor Co.,Ltd. ASIMO merupaka akronim dari Advanced Step in Innovative Mobility. Merupakan salah satu robot tercanggih di dunia. Asimo nantinya ditargetkan bisa membantu orang tua lansia, seperti mematikan lampu serta mengambil panganan. Memiliki tinggi 130 cm dan berat 54 kg. Asimo tercipta pada tanggal 31 Oktober 2000.

Asimo sekarang adalah generasi kedua, penyempurnaan dari generasi pertamanya. Kemampuan dari generasi kedua ini seperti kemampuannya dalam berinteraksi dengan manusia semakin sempurna contohnya menyambut tamu, berjalan bergandengan dengan manusia, mendorong kereta dan membawa nampan. Pada generasi kedua ini pula ASIMO sudah bisa berlari hingga kecepatan 9 km/jam dimana sebelumnya hanya 6 km/jam

5. Atlas



Robot Atlas ini dibuat oleh Boston Dynamics (perusahaan desain teknik dan robotika). Boston Dynamics ini pulah yang mengembangkan robot canggih Alpha Dog. Setidaknya ada 9 jenis robot yang mereka buat yaitu ATLAS, ALPHA DOG (BIGDOG), SPOTMINI, HANDLE, SPOT, LS3, REX, WILDCAT, dan SANDFLEA.

Sebagai robot humanoid, Atlas dirancang khusus agar dapat berdiri dengan dua kaki layaknya manusia dan tidak akan muda terjatuh. Sekalipun terjatuh Atlas akan mampu berdiri kembali. Tidak hanya itu robot ini juga mampu merasakan sakit, miring, dingin, panas, dan lain sebagainya.

Pada kaki dan badan robot telah dipasang sensor LiDar, sebuah sensor yang berfungsi untuk menyeimbangkan keadaan robot saat berjalan. Kemudian pada kepala dipasang sensor Streo Vision yang berfungsi agar robot bisa menghindari rintangan, memahami lingkungan yang dilewati, serta membantu dalam bernavigasi. Selain itu sensor Streo Vision ini akan membantu robot menuju target dan nantinya bisa pulang kembali ke tempat semula.

6. Pepper


Pepper adalah robot canggih selanjustnya yang memiliki kemampuan untuk merasakan emosi. Dengan kemampuannya ini Papper mampu memberikan reaksi yang sesuai dengan emosi atau perasaan manusia. Bisa dikatakan papper ini sangat cocok hidup dengan manusia.

Robot humanoid ini dibuat oleh perusahaan asal Jepang, SoftBank Robotics. Uniknya lagi robot ini telah terdaftar di salah satu sekolah menengah atas Hisashi di Waseda. Hal ini membuat Papper sebagai robot pertana yang bersekolah. Dengan adanya papper di sekolah akan semakin membawa pengaruh positif sekaligus semangat belajar para siswa dan siswi di sekolah itu. Aplagi Papper sudah dirancang ramah, menawan, dan mengejutkan.

7. Robonaut


Robonaut adalah robot humanoid yang dikembangkan oleh badan antariksa Amerika Serikat yaitu NASA. Robot ini diciptakan dengan desain awal untuk membantu pekerjaan astronot di luar angkasa.

Jika kebanyakan robot astronot seperti lengan robotik, crane, dan penjelajah eksplorasi dirancang untuk memindahkan benda besar, beda halnya dengan Robonaut yang mengunggulkan ketangkasan. Robot ini dirancang sedemikian rupa agar bisa menggunakan alat-alat ruang angkasa dan bekerja di lingkungan yang cocok untuk astronot.

Dari ke 7 robot canggih di atas manakah yang menurut anda paling canggih, silahkan jawab melalui kolom komentar di bawah. Demikian postingan kali ini tentang 7 Robot Tercanggih di Dunia yang Pernah dibuat semoga bermanfaat, wassalam.

1 comment:

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog