7 Danau Terbesar di Indonesia Bisa Kamu Kunjungi - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Saturday, April 14, 2018

7 Danau Terbesar di Indonesia Bisa Kamu Kunjungi


Indonesia, negara kita tercinta ini memang memiliki beragam kekayaan alam yang indah dan menawan. Salah satunya adalah Danau. Untuk kali ini kita tidak akan membahas tentang danau teindah melainkan danau terbesar di Indonesia.

Berikut 7 danau terbesar di Indonesia yang berhasil Tripel berita rangkum.

7. Danau Paniai


Danau Paniai memiliki luas mencapai 145 km2 dengan kedalaman mencapai 50 meter. Termasuk danau jenis Tektonik (Danau yang tercipta akibat peristiwi tektonik seperti gempa). Terletak di Kabupaten Paniai, Papua atau secara administratif terletak di distrik Paniai Timur. Danau ini telah diakui keindahannya oleh utusan dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Se-dunia di India pada tanggal 30 November 2007.

6. Danau Jempang


Danau Jempang memiliki luas mencapai 150 km2 dan kedalaman sekitar 7-8 meter. Danau ini termasuk jenis danau Floodplain (danau yang terbentuk akibat sungai-sungai yang banjir dan menutupi daratan). Letaknya berada di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, Indonesia tentunya.

5. Danau Matano



Satu lagi danau tektonik di Indonesia adalah Danau Matano, Terletak di Ujung timur Sulawesi Selatan yang mana berbatasan dengan Sulawesi tengah. Jika anda berada di kota malilli (ibukota Kabupaten Luwu) anda harus menempuh sekitar 50 km untuk sampai ke danau Matano ini. Danau Matano termasuk danau terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 164,1 km2 dan kedalaman mencapai 590 meter. Matano terbentuk akibat peristiwa tektonik sekitar 1-4 juta tahun lalu.

4. Danau Sentarum


Danau Sentarum terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Luasnya mencapai 275 km2 dengan kedalaman mencapai 8 meter. Danau Sentarum termasuk jenis danau Floodplain. Sejak tahun 1999 danau ini termasuk kedalam Taman Nasional Sentarum (TNDS).

3. Danau Poso


Danau Poso terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia tentunya. Luas danau ini mencapai 323,2 km2 dan kedalaman mencapai 450 meter. Danau tektonik ini dikelilingi oleh pepohonan yang menciptakan suasana sejuk dengan udara yang segar.

2. Danau Towuti


Masih di daerah Sulawesi ada Danau Towuti sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia. Lokasinya terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia tetunya. Danau Towuti memiliki luas 561,1 km2 dengan kedalaman 203 meter. Tercipta akibat peristiwa tektonik.

1. Danau Toba


Hingga akhirnya kita sampai pada Danau Toba, sebagai danua terbesar di Indonesia. Danau ini sangat terkenal dengan cerita dongengnya yang melegenda. Danau Toba meiliki luas mencapai 1.130 km2 dan kedalaman 529 meter. Termasuk jenis danau Vulkanik (Danau yang tercipta akibat aktivitas vulkanisme atau gunung berapi). Di tengah-tengah danau Toba terdapat sebuah pulau yang disebut Pulau Samosir.

Itulah 7 Danau Tterbesar di Indonesia Bisa Kamu Kunjungi yang sempat Tripel Berita bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bila ada masukan silahkan sertakan pada kolom komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog