7 danau terluas di Asia, apakah salah satunya ada di Indonesia ? - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Monday, April 23, 2018

7 danau terluas di Asia, apakah salah satunya ada di Indonesia ?


Penasaran apakah salah satu danau terluas di benua Asia ada di Indonesia ??

Seperti yang kita ketahui Asia adalah benua terbesar di dunia. Negara-negara di Asia memiliki banyak kekayaan alam atau objek wisata, salah satunya ialah danau. Jika sebelumnya kita sudah bahas tentang 7 danau terbesar di Indonesia maka kali ini yang akan tripel berita sajikan adalah 7 danau terluas di asia.

Yuk kita simak 7 danau terluas di Asia berikut ini :

1. Laut Kaspia


Meskipun disebuat sebagai Laut Kaspia, akan tetapi Laut Kaspia sejatinya adalah sebuah danau yang luas. Danau ini memiliki luas 371.000 km2, menjadikannya sebagai Danau terluas di Asia bahkan di Dunia. Laut Kaspia disebut sebagai laut dikarenakan airnya yang asin dan sangat luas. Danau ini berada di antara Benua Eropa dan Asia, selain itu mencakup 6 negara yakni Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Rusia dan Turkmenistan.

2. Danau Baikal


Danau Baikal merupakan danau yang terletak di Rusia. Urutan kedua sebagai danau terluas di Asia dengan luas mencapai 31.494 km2 dan kedalaman 1637 meter. Menariknya lagi dari Danau Baikal karena 20% air tawar di dunia ada disini. Tidak hanya itu saja keunikan dari danau ini, Baikal adalah danau tertua di dunia. Saking tuanya sampai dijadikan sebagai situs warisan dunia.

3. Danau Balkash


Danau Balkash merupakan danau terluas ketiga di asia dan kelima di dunia. Letaknya berada di antara dua negara yakni Kazakhstan dan China. Memiliki luas mencapai 16.400 km2 dan kedalaman maksimal 26 meter. Air yang ada disini bersumber dari beberapa sungai seperti Sungai lli, sungai kratal, sungai aksu, sungai lepsy, sungai byan, sungai kapal, dan sungai koksu.

4. Danau Issyk Kul


Danau Issyk Kul merupakan danau endorheic (sebuah cekungan saluran tertutup, yang menyebabkan air tidak bisa mengalir ke saluran lain seperti sungai dan laut).Danau ini berada di pegunungan Tian Shan, arah Timur Laut Kirgizia (Salah satu negara di kawasan Asia Tengah). Isyk Kul memiliki panjangnya yaitu 182 km dengan lebar mencapai 60 km. Luasnya kurang lebih 6.332 km2 menjadikannya salah satu danau terluas di Asia. Berada di ketinggian 1.620 m dan memiliki kedalaman kurang lebih 702 m. Sedangkan untuk air yang berada di danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair.

5. Danau Urmia



Danau Urmia merupakan danau garam endoreik di Iran. Terletak di antara provinsi Azerbaijan Timur dan barat, Iran. Pernah menjadi danau garam terbesar di Timur Tengah dan Danau garam terbesar keenam di dunia. Dengan luas sekitar 5.200 km2, pajang mencapai 140 km dan lebar 55 km. Danau Urmia memiliki kedalaman maksimal yaitu 16 meter. Sayangnya danau ini menyusut 10% akibat pembendungan sungai yang mengalirinya dan pemompaan air tanh dari kawasan sekitarnya.

6. Danau Taymyr


Danau Taymyr memiliki luas sekitar 4.560 km2, menjadikannya termasuk danau terluas di Asia. Danau yang memiliki kedalaman rata-rata yaitu 2,8 meter dengan maksimal mencapai 26 meter ini terletak di Negeri Beruang Putih ( Rusia ). Untuk panjang maksimalnya mencapai 204 km dengan lebar 154 km. Beberapa sungai yang menjadi pintu masuk danau ini adalah sungai Zapadnaya, Severnaya, Bikada Nguoma, Yamutarida, dan Kalamissamo

7. Danau Khanka


Danau Taymyr memiliki luas sekitar 4.190 km2, terletak di antar dua negara yaitu Rusia dan Cina. Memiliki kedalaman rata-rata 4,5 meter dengan kedalaman maksimal 10,6 meter, panjang danau ini adalah 90 km dan lebarnya mencapai 45 km. Sungai utama yang menjadi pintu keluar danau ini adalah Sungai Songacha. Diantara bulan Desember hingga Maret, danau ini akan membeku menghasilkan pemandangan yang menakjubkan.

Itulah 7 danau terluas di Asia, dan ternyata danau di Indonesia tidak masuk kedalam nominasi 7 danau terluas di Asia. Tapi tidak apa-apa karena kita masih memiliki banyak pesona yang terkenal hingga manca negara.

1 comment:

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog