7 Jembatan Terpanjang di Dunia untuk Kamu Ketahui - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Friday, October 19, 2018

7 Jembatan Terpanjang di Dunia untuk Kamu Ketahui


Jembatan adalah sebuah struktur yang dibuat untuk menyebrangi sungai, jurang, hingga lautan. Dengan teknologi yang semakin canggih membuat manusia mampu membuat struktur jembatan yang kokoh dan kuat.

Jembatan yang memiliki keunikan tersendiri biasanya menjadi ikonik tersendiri bagi sebuah daerah. Contohnya saja seperti jembatan Ampera yang menjadi ikonik Kota Palembang, Sumatera Selatan. Adapula jembatan nasional Suramadu yang panjang mampu menghubungkan Surabaya dan Madura.

Tercatat panjang jembatan Suramadu mencapai 5.438 m atau 5,4 km. Bukan main panjangnya bukan. Jembatan-jembatan di negara lainnya juga sangat mencengangkan untuk kita ketahui. TripelBerita merangkumkannya dalam 7 Jembatan Terpanjang di Dunia untuk Kamu Ketahui berikut ini.

7. Manchac Swamp Bridge (36,7 Km)


Manchac Swamp Bridge merupakan jembatan trestle beton kembar (dua jalur jembatan) yang berada di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat. Memiliki panjang 36,7 Km menjadikannya sebagai salah satu jembatan terpanjang di dunia.

Jembatan ini telah beroperasi sejak tahun 1979 sebagai jalan tol. Manchac Swamp Bridge juga merupakan salah satu tol terpanjang di dunia.

Jembatan ini berada di bagian tengah antara danau Maurepas dan danau Pontchartrain. Meskipun berada di antara dua danau, hanya sedikit dari bagian jembatan yang melintas di atas air, yaitu hanya sungai kecil yang menghubungkan danau Maurepas dan danau Pontchartrain . Tidak jauh dari Manchac Swamp Bridge yaitu di danau Pontchartrain juga terdapat salah satu jembatan terpanjang di dunia yaitu Lake Pontchartrain Causeway.

6. Lake Pontchartrain Causeway (38,3 Km)


Lake Pontchartrain Causeway merupakan sebuah jembatan yang terletak di Louisiana Selatan, Amerika Serikat.

Jembatan tersebut melintasi Lake Pontchartrain atau danau Pontchartrain memiliki luas mencapai 1.630. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway tidak hanya satu akan tetapi dua jembatan yang membentang sejauh 38,3 Km secara paralel.

Didalam catatan "Guinness Book of World Records", Lake Pontchartrain Causeway menjadi jembatan terpanjang di dunia yang pertama. Meskipun kini records itu telah di geser oleh jembatan-jembatan panjang lainnya yang ada di bawah ini. Akan tetapi Lake Pontchartrain Causeway unggul dengan menampakkan pemandangan danau Pontchartrain yang menakjubkan di atas jembatan.

5. Jiaozhou Bay Bridge (42 Km)


Jiaozhou Bay Bridge merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang panjangnya mencapai 42 Km. Terletak di Qingdao, provinsi Shandong, RRT (Republik Rakyat Tiongkok).

Jiaozhou Bay Bridge membentang di atas air dan menghubungkan 3 daerah sekaligus yakni Hongshiya Residential District, Hongdao Residential District, dan Distrik Licang. Jembatan tersebut mampu menghubungkan 3 wilayah sebab, terdapat persimpangan yang terbagi ke arah wilayah-wilayah tersebut.

Pembuatan jembatan memakan biaya yang tidak main-main yakni sekitar US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 2 trilyun. Tidak hanya sampai disitu untuk bisa menyaksikan jembatan seperti sekarang dibutuhkan waktu 21 tahun. Dimana 17 tahun untuk perencanaan, dan pembangunannya selama 4 tahun.

Dengan adanya Jiaozhou Bay Bridge, masnyarakat yang ingin bepergian dari Qingdao ke Huangdao atau sebaliknya dapat menghemat waktu 20 hingga 30 menit.

4. Bang Na Expressway (55 Km)


Bang Na Expressway merupakan jembatan yang berada di negeri Gajah putih yaitu Thailand. Membentang sepanjang 55 Km di atas rute Jalan Raya Nasional 34 (Bang Na - Trat Highway). Jembatan ini adalah bagian dari jalan tol yang dikelola oleh Expressway Authority of Thailand (EXAT).

Bang Na Expressway pernah menyandang status sebagai jembatan terpanjang di dunia yakni pada tahun 2000 hingga akhirnya di kalahkan oleh jembatan Weihe Grand Bridge yang selesai dibangun tahun 2008 lalu. Untuk menyelesaikan jembatan ini diperlukan setidaknya 1.800.000 meter kubik beton. Sedangkan perancangannya di tangani oleh Jean Muller International (sebuah perusahaan yang didirikan oleh Jean Muller).


3. Weihe Grand Bridge (79,7 Km)


Weihe Grand Bridge adalah sebuah jembatan yang berlokasi di China yang mana menghubungkan kota Zhengzhou dan Xi'an. Jembeatan ini termasuk bagian dari jalur kereta api cepat Zhengzhou - Xi'an. Dengan panjang mencapai 79, 7 Km atau 49.534 mill, menjadikannnya salah satu jembatan teranjang di dunia. Weihe Grand Bridge dibangun di atas sungai Weihe, dan selesai di bangun pada tahun 2008. Untuk jalur kereta apinya sendiri baru di bukka pada 6 Februari 2010. (sumber : en.wikipedia.org)

2. Tianjin Grand Bridge (113,7 Km)


Tianjin Grand Bridge adalah jembatan panjang yang terletak di Kota Tianjin, RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Daerah Tianjin ini tidak jauh dari ibu kota beijing, dan berbatasan langsung dengan laut di bagian timur.

Jembatan ini memiliki panjang 113,7 Km yang merupakan bagian dari Beijing - Shanghai High Speed Railway. Menghubungkan antara Langfang dan Qingxian. Pengerjaanya dimulai tahun 2006 dan selesai tahun 2011 lalu. Diwaktu yang sama yaitu tahun 2011 Tianjin Grand Bridge tercatat dalam buku Guinness World Records sebagai jembatan terpanjang kedua di dunia.

1. Kunshan Grand Bridge (164,8 Km)


Kunshan Grand Bridge atau Danyang - Kunshan Grand Bridge adalah jembatan terpanjang di dunia saat ini yang berada di negeri tirai bambu China atau RRT.

Jembatan ini berada di jalur rel antara Shanghai dan Nanjing provinsi Jiangsu. Kunshan Grand Bridge dicatat dalam Guinness World Records sebagai jembatan terpanjang di dunia pada Juli 2011 lalu dengan panjang 164,8 Km.

Pembangunan Guinness World Records sendiri dimulai pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2010 dan diresmikan satu tahun kemudian. Biaya yang dikeluarkan tidak main-main yakni US$ 8,5 miliar atau sekitar Rp 113 triliun. Jembatan yang memiliki rel kereta api cepat ini berdiri melintasi Sungai Yangtze. Sungai ini sendiri adalah yang terpanjang di China bahkan Asia.

1 comment:

  1. Blog yang menarik, mengingatkan saya akan Pencahayaan Gedung-Gedung di Huangdao, lihatlah berbagai pencahayan gedung-gedung dengan animasi LED.
    Saya mencoba menulis blog tentang hal ini, semoga anda juga suka blog di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/07/huangdao-pencahayaan-gedung-gedung.html

    ReplyDelete

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog