Inilah penampilan komputer generasi pertama - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Saturday, March 31, 2018

Inilah penampilan komputer generasi pertama

komputer generasi pertama

Apa itu komputer ?
Masih adakah di antara kalian yang belum mengetahui tentang alat elektronik yang satu ini.

Komputer berasal dari bahasa Ingris yang memiliki pengertian menghitung. Secara konsep Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan perhitungan operasi aritmatika.

Sama halnya seperti benda-benda pada umumnya, tentulah Komputer memiliki generasi pertamnya. Komputer Generasi pertama ini tidak secanggih dan sekecil komputer yang kita gunakan sekarang ini.

Pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasan matematika yang dimilikinya membuat Charles Babbage menemukan sebuah mesin yang dia sebut Analytical Engine pada tahun 1882.

Selanjutnya di tahun 1937 muncul John V. Atansoff dengan memperkenalkan komputer rancangannya Atanasoff-Berry Computer (ABC). Rancangan ini kemudian resmi menjadi komputer elektronik pertama. 

Komputer generasi pertama menggunakan komponen elektronik dari Tabung Hampa Udara (Vacum Tube). Program yang digunakan menggunakan bahasa mesin dengan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.

komputer generasi pertama

Salah satu contoh Komputer Generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik solder serta 18.000 tabung hampa. Komputer ini mengonsumsi daya sebesar 160.000 Watt.


Dengan menggunakan komponen yang sangat banyak itu, membuat komputer ENIAC memiliki ukuran yang besar. Diperlukan setidaknya ruangan dengan luas 167 m2 untuk menempatkan komputer ini. Beratnya sendiri mencapai 30 ton.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog