7 Stasiun televisi Indonesia yang paling populer versi Tripel Berita - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Saturday, March 17, 2018

7 Stasiun televisi Indonesia yang paling populer versi Tripel Berita

Stasiun televisi Indonesia

Televisi merupakan satu dari banyaknya alat elektronik yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Karena hal inilah mulai bermunculan stasiun televisi Indonesia, yang dulunya kita tahu hanya ada TVRI (Televisi Republik Indonesia). Sekarang Stasiun telivisi Indonesia sudah sangat beragam. Ada stasiun televisi yang hanya fokus menyiarkan tentang berita, hingga tayangan campuran mulai dari sinetron, acara musik, hingga film mancanegara.

Setidaknya ada 7 yang akan Tripel Berita bahas kali ini sebagai Stasiun televisi Indonesia yang paling populer. Berikut 7 Stasiun televisi Indonesia yang paling populer versi Tripel Berita.

1. TVRI (Televisi Republik Indonesia)

Stasiun televisi Indonesia

Ini dia Saluran televisi pertama di Indonesia bernama TVRI (Televisi Republik Indonesia). Stasiun ini menjadi satu-satunya saluran tv yang menemani masyrakat Indonesia selama 27 tahun.

Dengan memulai siaran percobaannya pada tanggal 17 Agustus 1962, TVRI menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Satu minggu kemudian yakni tanggal 24 Agustus 1962 resmi mengudara dengan menyiarkan langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari stadion utama Gelora Bung Karno. Pada saat itu tampilan TVRI masih berupa hitam putih.

Sebagian besar biaya operasional TVRi masih ditanggung oleh negara. TVRI saat ini adalah lembaga penyiaran publik.

2. RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia)

Stasiun televisi Indonesia

RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) merupakan Stasiun televisi swasta pertama di Indonesia. Diawal beridirinya perusahaan ini bersifat Joint Venture (Perusahaan Patungan) dengan kepemilikan saat itu Bima Citra (69,82%) dan Rajawali Wirabhakti Utama (30,18%).

Pertama kali mengudara pada 13 November 1988, kemudian diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. Awalnya RCTI hanya bisa dinikmati oleh pengguna antena parabola dan dekoder.

3. GTV (Global TV)

Stasiun televisi Indonesia

Global Tv atau yang sekarang menggunakan nama GTV ini termasuk kedalam salah satu stasiun televisi Indonesia yang dimiliki Media Nusantara Citra. Pertama kali diluncurkan pada Selasa, 8 Oktober 2002 sebagai Global TV dan kemudian Rabu 11 Oktober 2017 berganti menjadi GTV.

GTV seringkali menayangkan film-film mancanegara di malam hari. Selain itu GTV juga memiliki hak siar atas liga balap dunia yaitu Furmula 1.

4. TPI (dulu) atau MNCTV (sekarang)

Stasiun televisi Indonesia

Satu lagi stasiun televisi Indonesia milik Media Citra Indonesia adalah MNCTV. Dulunya stasiun tv ini dikenal dengan nama TPI kemudian diganti menjadi MNCTV sejak 20 Oktober 2010. MNCTV adalah stasiun tv swasta ketiga di Indonesia setelah RCTI, dan SCTV. Diluncurkan sejak 23 Januari 1991 sebagai TPI.

Sebelum menjadi milik Media Nusantara Citra, dulunya sebagian sahamnya dimiliki oleh PT Cipta Lamtoro Gung Persada. Acara yang sempat menjadi populer di TPI dulu adalah Kontes Dangdut Indonesia atau disingkat KDI yang menghasilkan penyanyi-penyayi dangdut seperti Nazar yang masih eksis hingga sekarang.

5. SCTV (Surya Citra Televisi)


Stasiun televisi Indonesia

SCTV merupakan singkatan dari Surya Citra Televisi, sebuah stasiun televisi Indonesia bersifat swasta kedua setelah RCTI. Awal diluncurkannya SCTV berdiri sebagai stasiun televisi lokal di Surabaya di tanggal 24 Agustus 1990 hingga 2 tahun kemudian yakni 1 Januari 1993 SCTV resmi mendapatkan izin sebagai stasiun tv nasional di Jakarta.

Pemilik SCTV yaitu Bima Citra (1990 sampai 1996), Indika Group (1996 sampai 1999), dan Surya Citra Media (1999 sampai sekarang). SCTV banyak menayangkan sinetron-sinetron dan FTV yang disukai masyarakat, sebut saja sinetron SCTV yang pernah booming seperti Wah Cantiknya, Jangan ada dusta, para pencari Tuhan, hingga GGS (ganteng-ganteng serigala).

6. Metro TV


Metro TV adalah stasiun televisi Indonesia yang khusus menayangkan berita-berita. Menjadi tontonan khusus pecinta berita yang didirikan/diluncurkan pada tanggal 25 November 2000. Di awal kemunculannya Metro TV hanya tayang 12 jam sehari, namun pada tanggal 1 April 2001 Metro TV mulai tayang hingga 24 jam. Hal ini menjadikan Metro TV sebagai stasiun televisi Indonesia pertama yang tayang hingga 24 jam.

Metro TV didirikan oleh PT Media Televisi Indonesia. Pemilik Metro TV adalah Media Group yang merupakan kelompok usaha yang didirikan oleh Surya Paloh.

7. TransTV


TransTV diluncurkan pada tanggal 15 Desember 2001. Merupakan salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yang dimiliki oleh Trans Media (sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media). Direktur utama TransTv saat ini adalah Atiek Nur Wahyuni, yang mana beliau juga direktur utama Trans7 (salah satu stasiun televisi swasta Indonesia bagian dari Trans Media).

Stasiun yang memiliki slogan "Milik kita bersama" ini juga kerap kali menayangkan film-film mancanegara dini hari seperti halnya GTV. Pada tahun 2017 lalu TransTv memiliki hak siar atas Piala Dunia 2018 di Rusia bersama dengan Trans7 dan Transvision.

Itulah  7 Stasiun televisi Indonesiayang paling populer versi Tripel Berita, semoga bermanfaat, dan bila ada tambahan silahkan cantumkan di kolom komentar. Akhir kata wassalam.



No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog