7 masjid bersejarah di Indonesia - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Saturday, March 10, 2018

7 masjid bersejarah di Indonesia

masjid bersejarah di Indonesia

Masjid merupakan tempat ibadah umat islam. Penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam membuat terdapat banyak masjid yang berdiri dari penjuru sabang hingga ke merauke.

Setiap bangunan pasti memiliki sejarahnya tersendiri. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang masjid-masjid dengan sejarahnya atau lebih tepatnya 7 masjid bersejarah di Indonesia. Tapi sebelum itu perlu diketahui bahwa masyrakat biasa mengatakan mesjid pada kata yang benar dalam KBBI adalah masjid.



1. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Medan merupakan salah satu masjid bersejarah di Indonesia. Terletak di jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara. Masjid ini memiliki luas bangunan 5000 m2 dan dibangun di atas lahan seluas 18.000 m2. Mampu menampung hingga 2000 jamaah.

Butuh waktu 4 tahun untuk menyelesaikan masjid yakni dari tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Sultan Ma'mun Al Rasyid  Perkasa Alam adalah pemimpin Kesultanan Deli pada saat itu yang memulai pembangunan Masjid Raya Medan.

Masjid ini menandai kemajuan kota Medan di awal abad ke-20. Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun berada dalam satu kompleks dengan Istana Maimun yaitu Istana Kesultanan Deli.

2. Masjid Raya Ganting

Masjid Raya Ganting

Masjid Raya Ganting terletak di Kelurahan Ganting, Kec. Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Dibangun pada tahun 1805, menjadikannya sebagai masjid tertua di Padang dan salah satu yang tertua di Indonesia.

Masjid Raya Ganting selain digunakan sebagai tempat ibadah, juga digunakan sebagai sarana pendidikan agama dan pesantren kilat.

Usut punya usut pada tanggal 22 April 2011 Masjid Raya Ganting ditetapkan masuk sebagai salah satu masjid terindah di Tanah Air.

Dengan mengusung gaya arsitektur Timur Tengah, dipadukan dengan desain Cina, dan corak Eropa membuat Masjid Raya Ganting semakin indah. Dengan 4 atap susun serta delapan pintu dan delapan jendela.

3. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman terletak di Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Merupakan Masjid kesultanan Aceh dan dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam di tahun 1022 H/1612 M. Sempat menjadi saksi bisu agresi tentara militer Belanda kedua, dimana pada tanggal 10 April 1873 Masehi, Masjid Raya Baiturrahman dibakar. Akan tetapi Belanda membangun kembali Masjid ini pada tahn 1877, untuk meredam kemarahan Bangsa Aceh dan menarik perhatian.

4. Masjid Istiqlal

masjid bersejarah di Indonesia

Masjid Istiqlal terletak di Bumi Sari Natar Lampung Selatan Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional, di pusat ibukota Jakarta (sumber wikipedia).

Diprakarsai oleh sang presiden pertama kita Ir. Soekarno, Masjid Istiqlal mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1952. Arsiteknya sendiri adalah Frederich Silaban yang seorang Kristen Protestan.

Luas Masjid ini adalah 2,4 hektare dengan luas tanah mencapai 9,3 hektare menjadikannya masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara. Masjid Istiqlal adalah masjid yang kerap kali digunakan Presiden di Tanah Air untuk melakukan shalat Idul Fitri ataupun Idul Adha. Kapasitasnya sendiri mampu menampung hingga 200.000 jamaah.

5. Masjid Agung Banten


Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten mulai dibangun pada tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin (Sulan pertama dari Kesultanan Banten). Lokasi Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, yaitu sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang, Banten.

Dengan luas 20.000 m2 dengan luas bangunan 1.368 m2 Masjid Agung Banten mampu menampung hingga 2.000 jamaah. Setiap harinya juga Masjid ini ramai oleh peziara yang datang tidak hanya dari kawasan Banten ataupun.

6. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Demak merupakan slah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Letaknya berada di Kampung Kauman, Kel.Bintoro, Kec.Demak, Kab.Demak, Jawa Tengah.Diperkirakan masjid ini dibangun oleh Raden Patah (Raja pertama dari Kesultanan Demaj) sekitar abad ke-15 m. Dipercayai pula masjid ini pernah di tempati berkumpulnya para ulama (Walisongo) yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa.

Setidaknya ada tiga arah pintu kedalam bangunan utama di Masjid ini. Dan satu pintu di tengah langsung mengantarkan ke serambi masjid yang memiliki luas 31x15 meter, dan berlantaikan teraso ukuran 30x30.
 

7. Masjid Sunan Ampel

masjid bersejarah di Indonesia

Masjid Sunan Ampel terletak di kelurahan Ampel, Kec. Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur berada di dekat kompleks pemakaman Sunan Ampel. Meiliki luas 120x180 meter persegi, Masjid Sunan Ampel dibangun pada tahun 1421 oleh Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau lebih dikenal dengan Sunan Ampel. Bersama kedua sahabat karibnya yaitu Mbah Sholehdan Mbah Sonhaji beserta para santrinya.

Cerita mistis seputar tokoh-tokoh pembangunnan masjid Sunan Ampel ini menarik perhatian peziarah dari penjuru Nusantara. Terctat di hari-hari besar Islam peziarah yang datang mencapai 15-20 ribu orang.

Itulah 7 masjid bersejarah di Indonesia  yang berhasil Tripel Berita rangkum dikesempatan kali ini. Silahkan tambahkan di kolom komentar bila masjid yang anda ketahui tidak masuk kedalam daftar, karena daftar diatas hanya beberapa dari banyaknya masjid bersejarah di Indonesia. Sekian dan Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog