7 Aplikasi Edit Video di Laptop atau Desktop - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Tuesday, May 8, 2018

7 Aplikasi Edit Video di Laptop atau Desktop


Setelah sebelumnya Tripel Berita telah memposting 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC atau Laptop, kali ini kita akan membahas mengenai Aplikasi Edit Video. Mengapa di butuhkan yang namanya edit video ??

Jawabannya yakni untuk membuat video lebih menarik. Sebut saja film-film besutan marvel seperti Avenger atau besutan DC Justice League, pastinya akan kurang menarik tanpa adanya editing video. Entah itu penambahan efek khusus maupun karakter lain yang dibuat menggunakan aplikasi.

Sebagai orang awam andapun bisa membuat video-video seperti mereka, kuncinya dengan banyak belajar, bersabar dan tentunya berdoa. Jika anda ingin belajar tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan aplikasi yang cocok. Tripel Berita telah merangkum 7 Aplikasi Edit Video di Laptop atau Desktop yang bisa anda pilih.

1. Adobe Premiere


Adobe System memang tak henti-hentinya membuat kita terpukau dengan aplikasi-aplikasi yang mereka keuarkan. Sebut saja Photoshop dalam mengedit gambar. Dalam hal edit video, adobe memiliki aplikasi Adobe Premiere yang mudah untuk digunakan dan bisa dibilang lengkap.

Adobe Premiere ini aplikasi pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, dan cocok untuk anda yang suka bereksperimen.

Dust to Glory, Captain Abu Red, hingga Superman Returns adalah contoh film-film yang memanfaatkan aplikasi keren ini. Tidak hanya film, adobe premiere bisa juga digunakan dalam hal Broadcasting dan dalam dunia pertelevisian. Contoh perusahaan yang memanlfaatkannya adalah BBC dan The Tonight Show.

Adobe Premiere versi pertama yaitu 1.0 rilis pada tahun 1991 dan didukung oleh Mac OS (Windows belum mendukung). Hingga kini Adobe Premiere terus berinovasi dan versi terbarunya adalah Adobe Premiere Pro CC 2018.

2. Adobe After Effect


Adobe tidak hanya meluncurkan Adobe Premiere sebagai aplikasi pengedit video, After Effect adalah aplikasi lain yang bisa untuk mengedit video. Keunggulan dari after effect, kita bisa berkreasi untuk membuat efek-efek menarik.

Sangat baik digunakan dalam pembuatan post pembuka dalam video. Jika anda biasa melihat video di youtube, yang mana di awalnya menampilkan post yang superkeren, nah seperti itulah yang bisa anda buat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Beberapa keunggulan dari After Effect seperti dukungan efek yang melimpah, dukungan native untuk arsitektur, Keyframe dan Scripting, konversi file vektor ke shape, serta detail gambar saat konversi tetap di pertahankan.

Agar bisa menjalankan Aplikasi ini dengan baik ada baiknya spek komputer atau laptop anda memenuhi rekomendasi seperti RAM 8GB (16GB lebih baik lagi), kapasitas hardisk yang tersedia 5GB, serta 1280x1080 display. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi alamat resminya disini.

3. Corel Video Studio


Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Corel Draw, aplikasi super keren dalam mengolah vektor. Corel ternyata juga memiliki aplikasi dalam pengolahan atau pengeditan video bernama Corel Video Studio.

Perangkat lunak ini menyediakan berbagai kelompk transisi video termasuk FX yang memiliki beragam jenis dampak video seperti Burn, serta Fade to back, yang pastinya akan membuat video anda lebih menarik dan mengagumkan. Selain itu ada Album dampak slide yang serupa dengan album photo.

Versi terbaru dari Corel Video Studio adalah Corel Video Studio Pro 2018 yang dapat berjalan di MS Windows. Harga yang dilontarkan untuk bisa menikmati aplikasi ini sebesar Rp 834.421 (harga tanggal 8 Mei 2018).

4. Camtasia


Aplikasi pengedit video berikutnya ada Camtasia, yang bisa juga digunakan untuk display recording atau perekam layar. Camtasia terbilang ringan dan mudah untuk digunakan. Sangat cocok digunakan dalam pembuatan video tutorial. Perangkat lunak ini di kembangkan oleh TechSmith, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Okemos, Michigan, AS.

Aktivitas editing seperti rendering video, memotong audio/video, memisahkan audio/video, penambahan suara, efek transisi, dapat anda lakukan menggunakan Camtasia. Versi terbaru dari aplikasi ini adalah Camtasia 8.

5. Pinnacle Studio



Pinnacle Studio awalnya dikembangkan oleh Pinnacle System (produsen perangkat lunak yang berbasis di California, AS). Hingga kemudian Pinnacle Studio diakuisisi oleh Corel pada bulan Juli 2012.

Salah satu keunggulan dari Pinnacle Studio adalah edit pada trek yang tidak terbatas dengan akurasi frame di HD dan atau 3D Stereosopic canggih. Standar untuk spek perangkat anda sebaiknya RAM minimal 512 MB, Hardisk minimal 1 GB, processor minimal 1.3 GHz.

Versi terbaru dari perangkat lunak ini adalah Pinnacle Studio 21.5. Bisa anda beli melalui situs resminya 'www.pinnaclesys.com' dengan 3 jenis yaitu Pinnacle Studio 21.5 ($49.95), Pinnacle Studio 21.5 Plus ($79.95), dan Pinnacle Studio 21.5 Ultimate ($99.95).

6. HitFilm Express


HitFilm Express adalah perangkat lunak pengedit video gratis. Meskipun gratis namun dalam pengeditan video HitFilm Express terbilang meiliki tools yang lengkap. Selain itu tools-tools ini disajikan secara sederhana, memudahkan bagi orang awam.

Beberapa keunggulan dari HitFilm Express diantaranya Ukuran kecil (250 MB), terdapat fitur Colour grading, ada template visual effect, edit motion grafis, dll.

Dilansir dari halaman resminya 'hitfilm.com/express' terdapat komunitas dengan jumlah anggota 2.478.207 pembuat film di seluruh dunia. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan ilmu lebih banyak tentang HitFilm Express.

7. AVS Video Editor


AVS Video Editor adalah aplikasi edit video yang mendukung semua format video. Fitur-fitur dasar seperti pangkas, potong, pisahkan, gabung, putar, hingga mix video bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini.

AVS Video Editor tersedia untuk platform Windows 10, 8.1, 8, 7, XP, 2003, Vista. Sedangkan Mac OS dan Linux belum mendukung, kecuali menggukan aplikasi ketiga untuk menjalankan windows di platform ini. Untuk minimum System rekomendasi sendiri seperti RAM 2GB keatas, display 32-bit color depth, Windows media player 11 keatas, DirectX 9.0c.

Itulah 7 Aplikasi Edit Video di Laptop atau Desktop yang sempat Tripel Berita sajikan pada kesempatan kali semoga bermanfaat. Bila ada tambahan silahkan cantumkan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih, salam sejahtera dan wassalam.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog