7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC atau Laptop - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Tuesday, May 8, 2018

7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC atau Laptop


Edit foto adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan komputer atau laptop. Dengan memanfaatkan aplikasi, pengguna dapat mengedit atau mempercantik foto dengan mudah.

Ada banyak sekali aplikasi edit foto yang tersedia untuk di gunakan. Contohnya saja adalah Photoshop yang konon katanya memiliki fitur yang super lengkap atau bisa dikatakan over.

Tripel berita telah merangkum 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC atau Laptop berikut ini :

1. Adobe Photoshop


Adobe Photoshop sudah tidak asing lagi di telinga kita. Aplikasi luncuran Adobe Systems ini sudah rlis perdana sejak 19 Februari 1990. Photoshop dikhususkan dalam hal edit foto atupun gambar. Dengan aplikasi ini kita bisa menambahkan efek-efek ataupun manipukasi yang membuat foto lebih mengagumkan.

Photoshop sudah ada untuk sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS. Pengguna Linux tidak usah khawatir sebab Photoshop juga bisa dijalankan menggunakan bantuan perangkat lunak seperti CrossOver (Sebuah aplikasi/perangkat lunak yang memungkinkan linux mampu menjalankan aplikasi Windows).

Berbicara tentang sejarah awal Photoshop dimulai dari versi 0.63 - Display pada tahun 1988, dimana Mac menjadi sistem operasi pertama yang merasakan aplikasi buatan Thomas dan John Knoll ini. Hingga sekarang Photoshop masi terus berinovasi dan di upgrade, versi terbaunya adalah CS6 (13.0) dilansir dari wikipedia.org. Selain itu adapula versi CC yang mana paling baru adalah versi CC 2018.

2. GIMP


GIMP adalah aplikasi edit foto atau gambar lintas platform (istilah dalam dunia IT tentang sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan pada beberapa sistem operasi). Adapun sistem operasi yang tersedia untuk GIMP adalah Linux, OS X, Windows dan masih banyak lagi.

GIMP adalah akronim (singkatan) dari GNU Image Manipulation Program. GNU atau GPL sendiri adalah akronim dari General Pulic License yaitu suatu lisensi perangkat lunak yang bebas.

Pada awalnya GIMP di kembangkan untk desktop X11 yang mana berjalan di OS Unix. Namun sekarang GIMP sudah bisa berjalan di Microsoft Windows, Mac OS dll.

GIMP bisa digunakan untuk menggambar, edit foto berkualitas, sistem pengolah daring otomatis, dan masih banyak lagi. Versi terbaru dari GIMP (27 April 2018) adalah versi 2.10.0.

Pada versi baru ini terdapat peubahan yang paling penting seperti peningkatan pada alat Transformasi Warp, Transformasi, Unified dan Handle Transform.

3. Artweaver


Artweaver adalah salah satu aplikasi edit foto yang direkomendasikan bagi orang awam dan pusing dalam menggunakan Photoshop. Mengapa demikian, sebab aplikasi Artweaver ini mudah digunakan.

Penggunaan yang mudah bahkan sudah menjad priorita utama Artweaver. Aplikasi ini dapat di download di halaman resminya www.artweaver.de dengan 2 versi yaitu Plus Version dan Free Version.

System yang direkomendasikan adalah Windows 7, 8, atau 10 dengan masing-masing service pack terbaru. RAM 512 MB, tetapi alangkah baiknya 1024 MB keatas, 100 MB untuk kapasitas hardisk yang tersedia.

4. PhotoScape


PhotoScape merupakan perangkat lunak yang berfunsgsi dalam bidang editor citra. Dikembangkan oleh MOOII Tech, Korea. Mudah dan menyenangkan adalah Konsep dasar yang dianut oleh Photo Scape.

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi pengedit foto, PhotoScape menyuguhkan antar muka yang terbilang sederhana. Dengan antarmuka yang sederhana membuat orang awam seklipun tidak aan pusing bila menggunakan aplikasi ini. Meskipun sederhana namun jangan ragukan fitur dalam aplikasi ini. Salah satu fitur yang ada dalam PhotoScape adalah pembuatan animasi foto GIF.

5. Firealpaca



Firealpaca adalah alat cat gratis untuk Mac dan Windows (sesuai dengan kalimat yang tercantum dalam situs resminya Firealpaca.com). Alat atau aplikasi ini memiliki kegunaan yang sama dengan aplikasi Paint pada Windows yaitu memungkinkan anda menggambar ilustrasi dengan mudah. Perbedaannya dengan Paint adalah adanya penambahan dalam hal edit foto.

Beberapa keunggulan yang penting dalam Firealpaca seperti sederhana dan mudah, Mac User Friendly, Gratis Selamanya, Performa Cahaya, Gratis Konsentarasi Mudah dan tampilan Perspektif, adanya template komik, dan 3D Perspective.

6. Lightroom


Lightroom adalah aplikasi lain dari Adobe yang awalnya dibuat untuk pengolahan gambar RAW (Gambar mentah). Seiring waktu, entah mengapa aplikasi ini kini memiliki fitur yang hampir sama dengan Photoshop. Pada versi keempat dari Lightroom ini sudah sangat bagus untuk digunakan dalam hel edit foto.

Lightroom memiliki keunggulan dalam permainan efek warna, hal ini membuat aplikasi ini banyak disukai fotografer dunia. Dilansir dalam halaman plimbi.com, sebuah survei membuktikan bahwa sekitar sebanyak 90% fotografer Amerika Serikat menggunakan aplikasi ini untuk pengolahan digital fotonya. Selebihnya yaitu 10% menggunakan Photoshop.

Beberapa keunggulan Lightroom seperti dapat dihubungkan dengan Kamera secara Live, Fitur-fitur yang mendukung fotografer, Editing warna yang lengkap, Fitur Pembersihan objek foto, serta mendukung resolusi tinggi.

Versi beta dari Lightroom di rilis ke publik pada tanggal 9 Januari 2006, sebagai versi publik tunggal Macintosh. Sedangkan untuk versi 1.0 dirilis pada 29 Januari 2007. Ditahun 2018 ini versi paling baru dari Lightroom adalah Lightroom CC 2018.

7. Serif PhotoPlus


Serif PhotoPlus adalah perangkat lunak untuk edit gambar dan foto yang tersedia untuk Microsoft Windows. Teks yang dapat diedit, efek lapisan, masker lapisan, alat pengangkat mata merah, efek khusus, skat serbaguna, adalah eberapa fitur yang bisa anda temukan pada apliakasi Serif PhotoPlus ini.

Serif PhotoPlus dikembangkan untuk Microsoft Windows dan sudah didukung oleh Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Versi terbaru adalah PhotoPlus X8 yang rilis 10 Agustus 2015.

Itulah tadi di atas 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC atau Laptop yang sempat Tripel Berita kabarkan pada kesempatan kali ini. Bila bemanfaat silahkan bagikan ke teman-teman yang membutuhkan bila tidak, silahkan beri masukan agar blog ini bisa menampilkan atau memposting artikel yang lebih bermanfaat lagi.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog