7 Negara Terkecil di Dunia untuk Kamu Ketahui - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Tuesday, October 30, 2018

7 Negara Terkecil di Dunia untuk Kamu Ketahui


Didunia ini terdapat banyak sekali negara yang mengisi benua besar di dunia. Ditinjau dari segi luas wilayah maka negara Beruang Putih yaitu Rusia, menempati urutan pertama sebagai negara terluas di dunia.

Ada tinggi ada pendek, begitupula ada besar ada kecil. Tidak hanya memiliki negara yang besar di dunia ini juga terdapat negara yang miliki wilayah paling kecil. Bahkan ada negara yang luasnya tidak lebih besar dari pulau bali yang dimiliki Indonesia. Penasaran negara apa saja itu, ayo simak 7 Negara Terkecil di Dunia berikut ini :




7. Kepulauan Marshall


Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik tepatnya di bagian selatan. Negara ini masuk kedalam wilayah Oseania (wilayah di Samudera Pasifik yang mencakup pulau-pulau atau daerah-daerah tropis).

Luas wilayah negara ini mencapai 181 km2 yang menjadikannya salah satu negara terkecil di dunia. Kepulauan Marshall dihuni penduduk sekitar 74.539 jiwa.

Negara yang memiliki ibukota Majuro ini memiliki keindahan pantai yang mempesona. Sayangnya tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke negara ini dikarenakan tempatnya yang terpencil.

Kepulauan Marshall terkenal sebagai tempat percobaan nuklir yang pernah dilakukan oleh Amerika Serikat di masa lalu. Bahkan pada percobaan pertama, pulau Elugelab yang masuk kedalam Kepulauan Marshall lenyap dari muka bumi.

6. Liechtenstein


Liechtenstein adalah salah satu negara yang berada di benua Eropa. Memiliki luas wilayah 160 km2 membuat negara ini masuk salah satu negara terkecil di dunia. Liechtenstein memiliki jumlah penduduk sekitar 38.244 jiwa.

Negara yang beribukota Vaduz ini tidak memiliki tentara. Terakhir kali mereka memiliki tentara pada tahun 1866, setelah itu tentaranya di bubarkan.

Meskipun tidak berbatasan langsung dengan Jerman akan tetapi bahasa resmi yang digunakan disana adalah bahasa Jerman. Liechtenstein diapit oleh dua negara besar yaitu Swiss (dibagian barat) dan Austria (dibagian timur).

5. San Marino


Negara terkecil selanjutnya masih berasal dari benua Eropa yakni San Marino. Negara yang satu mungkin terdengar asing ditelinga kita.

San Marino menjadi negara terkecil kelima di dunia dengan luas wilayah 61 km2. Memiliki ibukota bernama sama dengan negaranya yakni ibukota San Marino. Negara kecil ini memiliki jumlah penduduk sekitar 33.537 jiwa.

Negara yang luasnya kurang lebih seukuran kota Banda Aceh ini dikelilingi oleh negara Italia. Sehingga untuk masuk ke negara ini kita harus memasuki negara pizza Italia terlebih dahulu sebagai pintu gerbangnya. Lokasi tepatnya berada di bagian timur laut semenanjung Italia.

Dilansir dari 'travel.kompas.com' San Marino tidak memberlakukan pengecekan paspor untuk wisatawan yang berkunjung kesana. Pengecekan paspor hanya dilakukan pada saat memasuki negara Italia, jadi visa yang digunakan adalah visa Schengen (visa khusus untuk menjelajahi negara-negara di Eropa).

4. Tuvalu


Tuvalu merupakan negara kepulauan yang berada di wilayah Oseania seperti Kepulauan Marshall. Negara ini juga menyandang gelar sebagai negara terkecil di dunia dengan penduduk sekitar 11.359 jiwa yang menempati wilayah seluas 26 km2 saja.

Funafuti adalah nama ibukota dari Tuvalu. Selain dikenal dengan Tuvalu, negara ini juga dikenal sebagai Kepulauan Ellice.

Lokasi terletak antara Hawai dan Australia di Samudera Pasifik yang luas. Negara tetangga paling dekatnya seperti Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji.

Pada tahun 1995 negara ini memiliki bendera dengan 8 bintang yang melambangkan 8 pulau yang ada disana. Kini bendera Tuvalu lebih simpel dari sebelumnya dan memiliki 9 bintang.


3. Nauru


Nauru merupakan negara terkecil ketiga di dunia yang berada di kawasan Oseania. Secara resmi negara ini disebut Republik Nauru. Memiliki penduduk sekitar 9.540 jiwa yang mendiami luas wilayah mencapai 21 km2.

Negara yang dulunya dikenal dengan nama Pulau Pleasant ini memiliki ibukota sama dengan nama negaranya yaitu Kota Nauru. Tetangga terdekatnya yaitu Tuvalu juga merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Tepatnya berada di bagian barat laut Tuvalu. Negara tetangga lainnya seperti Pulau Banaba di Kiribati, yang berjarak 300 kilometer ke timur. Meskipun memiliki luas wilayah yang kecil, negara ini juga memiliki bandara udara yaitu Nauru International Airport.

2. Monaco


Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing dengan negara Monaco. Bagaimana tidak, negara yang berada di dataran Eropa ini memiliki bendera yang sama dengan Indonesia yaitu Merah Putih.

Negara ini termasuk salah satu yang terkecil di dunia dengan luas hanya 202 ha atau 2,02 km2. Monaco dihuni sekitar 38.695 jiwa (data tahun 2017).

Letaknya berbatasan dengan Prancis di bagian barat dan laut tengah di bagian timur. Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Monaco bisa menggunakan pesawat sampai di Nice, Prancis kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus, kereta, atau mobil. Hal ini dikarenakan Monaco tidak memiliki badara udara sendiri.

Monaco menganut sistem pemerintahan Monarki semi-konstitusional. Pemimpinnya sekarang adalah pangeran Albert II menggantikan ayahnya pangeran Rainier II yang wafat pada tanggal 6 April 2005 lalu.

1. Vatican


Vatican atau Vatikan adalah sebuah negara terkecil di dunia dengan jumlah penduduk hanya sekitar 1.000 jiwa (2017). Sedangkan luas wilayah Vatikan hanya mencapai 44 ha, 4 kali lebih kecil dari Taman Mini Indonesia Indah yang memiliki luas ± 150 ha.

Vatikan terletak di benua Eropa dan dikelilingi oleh negara Italia. Negara yang menganut sistem pemerintahan monarki ini berada di tengah kota Roma (ibukota Italia). Vatikan diperintah oleh Uskup Roma yakni Paus. Negara ini juga terkenal sebagai tempat kediaman Paus sekaligus tempat kedudukan pusat gereja Katolik Roma.

Salah satu hal menarik dari Vatikan adalah bangunannya yang memiliki arsitektur menawan. Hal ini kemudian mengundang banyak turis untuk datang ke tempat ini.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog