7 Negara Terkaya di Dunia, Apakah Indonesia termasuk ? - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Saturday, October 27, 2018

7 Negara Terkaya di Dunia, Apakah Indonesia termasuk ?


Di dunia ini terdapat 206 negara yang mana 195 negara masuk kedalam negara negara PBB, sedangkan 11 negara lainnya masih dalam pengakuan terbatas. (sumber artikelbaca.com)

Dari sekian banyaknya negara yang ada di dunia tentunya terdapat perbedaan di antara satu dengan yang lainnya. Salah satu perbedaannya dalam hal kekayaan.

Predikat sebagai negara terkaya di dunia ini ditentukan dari tingkat kesejahteraan suatu negara. Sedangkan untuk mengukur tingkat kesejahteraan di tentukan oleh tingkat GDP (Gross Domestic Product) per kapita. GDP adalah pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk di negara yang bersangkutan.

Sebagai acuan, negara yang memiliki tingkat GDP yang tinggi dinyatakan sebagai negara yang kaya. Selanjutnya mari kita lihat negara mana saja yang masuk 7 Negara Terkaya di Dunia berikut ini.




7. Irlandia


Irlandia atau Republik Irlandia merupakan salah satu negara di kawasan barat laut Eropa. Negara ini mencakup 83% dari pulau Irlandia, yang mana selebihnya lagi di tempati oleh Irlandia utara.

Pada tahun 2008 lalu kondisi keuangan Irlandia sempat menurun karena dilanda krisis finansial. Berbagai upaya dilakukan pemerintah guna menstabilkan perekonomian, hingga akhirnya pemerintahpun berhasil hingga membuat Irlandia sekarang menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Tingkat GDP per kapita Irlandia mencapai US$69.374 atau setara Rp 1 milliar (kurs Rp 15,197). Pendapatan utama negara yang disebut juga dengan Eire ini disumbangkan dari sektor Industri tekstil dan pertambangan.

6. Kuwait


Negara terkaya di dunia selanjutnya berada di kawasan Timur Tengah yaitu Kuwait. Negara ini memiliki luas 17.818 km2 dengan jumlah penduduk 4,137 juta jiwa (2017). Kekayaan Kuwait dilihat dari tingkat GDP per kapita mencapai US$71.263 atau setara Rp 1,1 milliar.

Minyak Bumi adalah penyumbang terbesar bagi perekonomian Kuwait. Dilansir dari finance.detik.com Kuwait menempati posisi kelima sebagai negara dengan cadangan minyak paling banyak di dunia. Cadangan minyak Kuwait mencapai 6,08% cadangan minyak bumi di dunia. Selain itu sektor industri dan jasa keuangan turut menyumbang pertumbuhan ekonomi Kuwait.

5. Brunei Darusalam


Brunei Darusalam adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas 5.765 km2 (merupakan negara terkecil kedua id Asia Tenggara). Meskipun memiliki luas yang tidak besar mampu menjadikan Brunei Darusalam sebagai salah satu negara dengan GDP tertinggi. Tingkat GDP per kapitanya mencapai US$79.710 atau Rp 1,2 milliar.

Pendapatan utama negara ini adalah bisnis minyak mentah dan gas alam. Negara besar seperti Jepang menjadi salah satu tujuan expor minyak mentah dan gas alam brunei darusalam. Penurunan harga minyak dunia akan sangat berpengaruh pada negara ini.

Selain itu bidang manufaktur dan industri tidak berkembang pesat di negara ini dikarenakan masyarakat sebagian besarnya bekerja di pemerintahan. Hal ini berimbas pada produksi barang dan makanan dalam negeri yang membuat Brunei Darusalam lebih sering mengimpor.

4. Singapura


Sebagai warga Indonesia kita tentunya sudah tidak asing dengan negara tetangga kita yaitu Singapura. Negara dengan luas wilayah 721,5 km2 ini berada di Semenanjung Malaysia dekat dengan pulau Sumatra. Letaknya yang strategis mengakibatkan Singapura menjadi tempat transit terbesar, baik dari sektor pelayaran maupun perdagangan.

Tingkat GDP per kapita Singapura mencapai US$87.082 atau setara Rp 1,3 Milliar. Hal ini lantas menjadikan negara ini sebagai salah satu yang terkaya di dunia dengan menempati urutan ke 4.

Sumber utama dari negara ini terletak pada sektor industri dan perdagangan, serta penyulingan minyak. Selain itu pariwisata Singapura juga banyak mengundang wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang populer disana adalah Merlion Park tempat patung Merlion yang terkenal dan sudah menjadi ikon Singapura.

Singapura juga salah satu negara yang memiliki tingkat korupsi terendah di dunia. Hal ini kemudian membuat banyak investor asing menanamkan modal disana.

3. Makau


Makau adalah sebuah wilayah yang berada di pesisir selatan Republik Rakyat Tiongkok (RTT). Hong Kong dan Makau masuk kedalam daerah Administratif khusus RRT dari tanggal 20 Desember 1990 hingga 20 Desember 2049 (50 tahun setelah penandatanganan penyerahan kedaulatan).

Negara bekas jajahan Portugis ini memiliki GDP per kapita mencapai US$96.147 atau setara dengan Rp 1,4 milliar. Pendapatan utama ini didapatkan dari wisatawan yang banyak berkunjung ke Makau.

Salah satu hal utama yang menarik wisatawan sebab Makau menjadi tempat yang melegalkan perjudian, bahkan di negara ini terdapat Casino terbesar di dunia yaitu The Venetian Macao. Selain itu, Makau juga memiliki industri tekstil dan garmen yang turut menyumbang pendapatan bagi Makau.

2. Luksemburg


Luksemburg mungkin negara yang tidak terlalu populer di dunia.
Akan tetapi negara dengan warna bendera merah putih biru ini termasuk yang terkaya di dunia. Hal ini mengacu pada GDP per kapita Luksemburg yang mencapai US$101.936 atau Rp 1,5 milliar.

Letaknya yang strategis membuat keuntungan tersendiri pada negara ini. Luksemburg dikelilingi oleh negara maju seperti Jerman, Prancis, dan Belgia.

Negara ini termasuk negara dengan wilayah terkecil di dunia yaitu luas area sekitar 998 mi² (mil persegi atau mil kuadrat). Luas hanya mencapai setengah luas pulau Bali ini di tempati sekitar 0.57 juta jiwa.

1. Qatar


Urutan pertama di raih oleh Qatar, negara yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Negara Timur Tengah (Asia Barat) ini sangat terkenal akan pembangunannya yang megah dan modern. Dilansir dari ramesia.com, tingkat GDP per kapita Qatar mencapai US$129.726 atau setara dengan Rp 1,9 milliar (kurs Rp 15.000).

Dulunya Qatar hanyalah sebuah negara kecil yang masuk ke dalam pretektorat Ingris (negara atau daerah yang berada di bawah perlindungan negara lain). Negara ini kemudian merdeka pada tahun 1971 dan menjadi sebuah negara nelayan yang termasuk kawasan miskin di teluk. Tidak lama setelah itu Qatar menemukan cadangan gas alam cair (LNG). Bukan main-main sebab LNG Qatar termasuk yang terbesar ketiga di dunia setelah Rusia dan Iran.

Qatar kemudian menjadi negara exportir LNG terbesar di dunia. Cadangan LNG mereka sendiri mencapai 900 Trilliun kaki kubik.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog