7 Makanan Khas Bandung Patut Kamu Coba - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Monday, October 8, 2018

7 Makanan Khas Bandung Patut Kamu Coba


Bandung adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi. Sebagai salah satu kota metropolitan, Bandung juga memiliki keaneka ragaman budaya, dan tempat wisata.

Keanekaragaman itu tidak hanya sampai disitu, makanan khas Bandung juga memiliki keanekaragaman tersendiri. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan seperti kue-kue ada disini.

Penasaran seperti apa makanan Khas kota Bandung, ayo baca 7 Makanan Khas Bandung Patut Kamu Coba berikut ini :

1. Karedok

Makanan-Khas-Bandung
Karedok merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sehat dan menyehatkan. Mengapa sehat, sebab karedok di buat dari bahan-bahan sayuran seperti mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan saus Karedok dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanag, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. Jika berada di Bandung anda tidak akan sulit menemukan makanan ini sebab hampir semua rumah makan Sunda di Bandung menyediakan Karedok.

2. Seblak

Makanan-Khas-Bandung

Seblak adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran, telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi. Selain itu Seblak dimasak dengan bumbu tertentu. Di daerah Jawabarat dan Jabodetabek seblak telah menjadi jajanan yang banyak digemari berbagai kalangan masyarakat.

3. Nasi Tutug Ocok

Makanan-Khas-Bandung

Dari namanya kita sudah tahu bahwa makanan yang satu ini terbuat dari nasi. Dengan ditambahi bumbu oncom dan diberi sedikit tepung kerupuk kemudian dibakar. Makanan pendampingnya seperti sambal, kerupuk, hingga sedikit sayuran.

4. Lotek

Makanan-Khas-Bandung

Lotek terbuat dari bahan sayuran segar yang dicampur dengan bumbu kacang. Bahan-bahan untuk membuat bumbu kacang ini seperti kacang, terasi, gula merah, dan bawang putih. Sekilas Lotek mirip masakan khas Malang yaitu pecel, hanya saja lotek sepertinya terasa lebih manis. Biasanya makanan khas Bandung ini disajikan bersama lonotng atau nasi hangat.



5. Mie Kocok

Makanan-Khas-Bandung

Seperti namanya Mie Kocok adalah makanan berbahan dasar mie. Hal yang membedajannya dengan mie lain adalah cara pembuatannya yaitu dengan dikocok atau diaduk sebelum disajikan. Tidak hanya mie, makanan ini juga terdiri dari aneka sayuran seperti toge, serta tidak lupa kikil sapi. Sama halnya seperti baksi, Mie Kocok biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak.

6. Surabi

Makanan-Khas-Bandung

Surabi adalah jajanan enak asal Bandung yang sangat cocok dijadikan cemilan. Makanan ini berbahan dasar tepung yang dibakar pada tungku menggunakan cetakan tanah liat. Dulunya rasa surabi sangat terbatas hanya manis dan gurih, akan tetapi seiring jaman, bermunculan modifikasi rasa dengan puluhan varian toping. Contoh topingnya seperti toping oncom, nangka, keju, coklat, pisang, duren, sosis, dan lain-lain.

7. Cilok

Cilok-Makanan-Khas-Bandung

Cilok merupakan jajanan khas Bandung yang tidak kalah enaknya dengan jajanan lainnya. Terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat kemudian di colok menggunakan lidi, seperti bakso. Tambahan isian seperti daging cincang atau telur cita rasa Cilok. Tidak lupa kecap dan saus sebagai tambahannya.


No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog