7 Hewan Endemik Indonesia untuk Kamu Ketahui - Tripel Berita

KUMPULAN BERITA MENARIK | BERITA TERBARU | 7 FAKTA MENARIK | KUMPULAN TIPS | INFORMASI TERDEPAN

Breaking

Monday, October 15, 2018

7 Hewan Endemik Indonesia untuk Kamu Ketahui


Endemik adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dianggap khas dari daerah tertentu. Salah satu contohnya adalah hewan endemik Indonesia, yang berarti hewan khas daerah Indonesia.

Berbicara tentang hewan endemik Indonesia, terdapat beberapa hewan yang berhasil TripelBerita rangkum. Berikut 7 Hewan Endemik Indonesia :

1. Anoa


Anoa merupakan satwa endemik Sulawesi, Indonesia yang mana juga menjadi maskot Sulawesi Tenggara. Sekilas penampilan Anoa mirip dengan Kerbau namun berukuran kecil. Berdasarkan tempat persebarannya atau habitatnya Anoa ada dua jenis yaitu Anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). Anoa pegunungan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan Anoa dataran rendah.

2. Burung Maleo Sulawesi


Burung Maleo Sulawesi juga merupakan hewan endemik Sulawesi, Indonesia. Sekilas mirip dengan ayam, dimana memiliki tubuh yang besar dengan kepala yang kecil. Warna tubuhnya di dominasi warna hitam dengan putih pada bagian dada.

3. Harimau Sumatra


Harimau Sumatra merupakan hewan endemik Sumatra, Indonesia. Harimau ini merupakan Harimau terkecil di antara spesiesnya. Panjang Harimau Sumatar untuk pejantannya sekitar 2,5 meter dan berat sekitar 140 kg, sedangkan betinanya memiliki panjang sekitar 1,9 meter dan berat sekitar 91 kg.

4. Lutung Jawa


Lutung Jawa merupakan lutung asli Indonesia yang terdiri dari 2 sub spesies, yaitu Trachypithecus auratus dan Trachypithecus auratus mauritius. Hewan ini bisa ditemukan di Jawa Timur, Bali, Lombok, Palau Sempu, Nusa Barung, Jawa Barat, dan Banten.


5. Jalak Bali


Jalak Bali atau dikenal juga dengan nama Curik Bali merupakan hewan endemik Indonesia. Pertama kali di temukan oleh Dr. Baron Stressmann (kolektor burung asal Ingris) ketika ia berkunjung ke Bali pada tahun 1911. Ukuran tubuh Jalak Bali sekitar 25 cm dengan warna bulu putih serta sayap berwarna hitam.

6. Elang Jawa


Elang Jawa merupakan hewan endemik Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa Elang Jawa ini adalah garuda sesungguhnya sebab memiliki bentuk seperti garuda lambang negara Indonesia.

7. Komodo


Komodo adalah salah satu hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Hewan ini menjadi hewan endemik Indonesia yang dapat dijumpai di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, Nusa Tenggara timur, Indonesia. Hewan ini hanya bisa dijumpai di Indonesia. Rata-rata kadal raksasa ini untuk pejantannya bisa mencapai panjang 8 - 9 meter dengan berat sekitar 100 kg, sedangkan betina panjangnya bisa mencapai 1,8 meter.

No comments:

Post a Comment

Pages

Home / Adsense / Blogger / Cara Memasang Iklan Adsense Melayang Di Blog